Kirab Bedol Pusaka Digelar, Rangkaian Malam 1 Suro dalam Agenda Wisata Grebeg Suro Ponorogo Tahun 2022

- 29 Juli 2022, 07:08 WIB
Bupati Ponorogo Siap Melepas Prosesi Kirab Bedol Pusaka di Pringgitan atau Rumah Dinas Bupati, 28 Juli 2022./
Bupati Ponorogo Siap Melepas Prosesi Kirab Bedol Pusaka di Pringgitan atau Rumah Dinas Bupati, 28 Juli 2022./ /Intan Sherly Monica/

BERITASOLORAYA.com – Grebeg Suro menjadi salah satu agenda khas Kabupaten Ponorogo dan dilaksanakan dalam menyambut malam 1 Suro.

Dalam Grebeg Suro, terdapat rangkaian agenda yang selalu dinantikan masyarakat Ponorogo yaitu Kirab Bedol Pusaka, yang dilaksanakan pada Kamis, 28 Juli 2022.

Kirab Bedol Pusaka atau biasa difahami sebagai prosesi pelepasan tiga pusaka yaitu Tombak Tunggul Wulung Naga, Payung Songsong Tunggul Wulung, dan Sabuk Cinde Puspita.

Baca Juga: Kabar Gembira bagi Guru Honorer dari Kemdikbud tentang Bantuan Insentif, Cek Syarat dan Ketentuannya

Tiga pusaka tersebut sebelumnya diletakkan di Rumah Dinas Bupati Ponorogo dan siap diarak dalam rangkaian Kirab Bedol Pusaka.

Tiga pusaka ini menjadi pusaka peninggalan Raden Batoro Katong dan akan dicuci setiap tahunnya atau biasa disebut dengan istilah ngumbah gaman.

Setelah pusaka selesai dicuci, maka akan dilepas dengan nama prosesi Bedol Pusaka.

Baca Juga: Informasi Pendaftaran PPPK Guru Tahun 2022, Guru Wajib Tahu Link Resminya di Sini

Rangkaian prosesi Kirab Bedol Pusaka menyambut malam 1 Suro diawali dari Pringgitan atau biasa disebut sebagai Rumah Dinas Bupati di Alun-Alun Kabupaten Ponorogo.

Halaman:

Editor: Intan Sherly Monica


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah