Mengenal Modal Ventura Dalam Berbisnis. Mari Di Simak!

- 19 November 2021, 12:06 WIB
Ilustrasi Investasi.
Ilustrasi Investasi. /Pexels/Pixabay

BERITASOLORAYA.com - Modal ventura adalah suatu investasi dalam bentuk pembiayaan berupa penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan swasta sebagai pasangan usaha (Investee Company) dalam jangka waktu tertentu.
 
Investasi modal ventura ini dapat juga mencakup pemberian bantuan manajerial dan teknikal.
 
Kebanyakan dana Ventura ini adalah berasal dari sekelompok investor yang mapan keuangannya, bank investasi dan institusi keuangan lainnya yang melakukan pengumpulan dana ataupun kemitraan untuk tujuan investasi tersebut.
 
 
Sebagai bentuk kewirausahaan, pemilik modal ventura biasanya memiliki hak suara sebagai penentu arah kebijakan perusahaan sesuai dengan jumlah saham yang dimilikinya.
 
Walaupun penyertaan modal sudah dikenal serta dilakukan oleh investor sejak zaman dahulu, Georges Doriot dikenal sebagai penemu dari industri modal ventura.
 
Di Indonesia, mengacu pada keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia No. 1251/1988, perusahaan modal ventura dapat membantu permodalan maupun bantuan teknis yang diperlukan calon pengusaha maupun usaha yang sudah berjalan.
 
 
Perusahaan modal ventura di Indonesia diawali dengan pembentukan PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI), sebuah badan usaha milik negara (BUMN) yang sahamnya dimiliki oleh departemen keuangan (82,2%) dan bank Indonesia (17,8%) 
 
Beberapa cara pembiayaan yang dilakukan Indonesia terkait modal ventura yaitu:
 
1. Penyertaan saham secara langsung  kepada perusahaan yang menjadi pasangan usaha.
 
2. Dengan membeli obligasi konversi yang setelah waktu disepakati bersama dapat dikonversi menjadi saham atau penyertaan modal pada perseorangan.
 
 
3. Dengan pola bagi hasil di mana persentase tertentu dari keuntungan setiap bulan akan diberikan kepada perusahaan modal ventura oleh perusahaan pasangan usaha.***

Editor: Novrisia Yulisdasari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x