Pelamar Kerja Masih Bingung dengan CV dan Resume? Kenali Perbedaan Keduanya Berikut Ini

- 4 Juli 2022, 07:15 WIB
Kenali Perbedaan CV dan Resume.
Kenali Perbedaan CV dan Resume. /Tangkapan layar instagram.com/@kemnaker/

BERITASOLORAYA.com – CV dan resume memang dibutuhkan dalam melamar pekerjaan. Tentunya para pelamar kerja sudah tidak asing dengan kedua hal ini. Terkadang dalam melamar kerja, dibutuhkan CV dan resume dalam waktu yang bersamaan.

Namun masih ada saja yang bingung dengan perbedaan di antara keduanya. Padahal CV dan resume adalah dua hal yang sangat berbeda, meskipun sekilas tampak sama dan menyerupai.

Para pelamar kerja tampaknya harus tahu dan mengenali perbedaan di antara keduanya. Hal ini supaya saat melamar pekerjaan tidak salah dalam memberikan CV atau resume yang diminta oleh perusahaan atau instansi.

Baca Juga: V BTS Buktikan Dirinya Miliki Selera Fashion yang Ikonik dan Bagaimana Hal itu Membuka Masa Lalunya?

Sebagaimana yang dikutip BeritaSoloRaya.com dari Instagram resmi Kemnaker @kemnaker, ternyata ada beberapa hal yang membedakan CV dan resume. Bagi yang sudah penasaran dengan perbedaannya, bisa membaca penjelasan lebih lanjut berikut.

  1.   CV (Curriculum Vitae)

Untuk mengetahui perbedaaan antara CV dengan resume, maka langkah yang harus dilakukan adalah mengetahui ciri-ciri CV yang sebenarnya. CV atau yang dikenal dengan Curriculum Vitae ini memiliki ciri sebagai berikut.

  • Isi lebih detail, pada umumnya tercantum daftar riwayat akademik dan pengalaman profesional yang dimiliki oleh si pelamar kerja.
  • Tidak ada batasan poin selama itu perlu, akan tetapi biasanya untuk membuat CV yang menarik, sertakan poin yang penting saja.
  • Penjelasan yang digunakan adalah komprehensif mengenai riwayat pekerjaan dan pendidikan.

Baca Juga: Kemdikbud Arahkan Semua Guru di Semua Jenjang, agar Bersiap di Hari Kamis, 7 Juli 2022, Peluang Besar Tendik!

  1.   Resume

Jika ada ciri-ciri CV, maka juga ada ciri-ciri resume. Ciri-ciri resume ini perlu diketahui dan dikenali oleh para pelamar kerja supaya tidak salah dalam membuat resume. Untuk ciri-ciri resume sendiri adalah sebagai berikut.

  • Isi lebih ringkas dan padat, hanya memperlihatkan skills dan pengalaman kerja yang dimiliki oleh si pelamar kerja.
  • Cenderung lebih singkat, biasanya terdiri dari 1-3 halaman tergantung dari pengalaman yang dimiliki.
  • Penjelasan adalah untuk menangkap perhatian perekrut, sehingga penjelasan yang dipakai pun tidak banyak dan singkat.

Itulah perbedaan antara CV dengan resume yang harus diketahui dan dikenali oleh para pelamar kerja. Dengan adanya penjelasan ini, maka diharapkan para pelamar kerja tidak bingung lagi untuk membedakan CV dan resume.***

Editor: Dian R.T.L. Syam

Sumber: Instagram @kemnaker


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x