3 Alokasi BLT Kemensos: Cara Cek, Daftar, Besaran, dan Target Bantuan, Cair Desember 2022

- 1 Oktober 2022, 13:54 WIB
Ilustrasi BLT Kemensos, siap cair di bulan Desember.
Ilustrasi BLT Kemensos, siap cair di bulan Desember. /Antara/Fikri Yusuf/

BERITASOLORAYA.com - BLT atau Bantuan Langsung Tunai merupakan bantuan sosial dari pemerintah bagi masyarakat miskin dan rentan miskin.

Untuk penyaluran BLT, Kemensos telah mengantongi tambahan dana dari Kemenkeu sebesar Rp400 miliar.

“Kami mendapat tambahan anggaran dari Kementerian Keuangan sekitar Rp400 miliar untuk Desember. Ini kami serahkan untuk anak yatim, lansia tunggal, dan penyandang disabilitas,” kata Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Baca Juga: Juknis Baru Soal Tunjangan Guru Non Sertifikasi Resmi Kemdikbud, Sudah Sah atau Belum?

Alokasi BLT yang rencananya dicairkan bulan Desember 2022 mendatang diberikan kepada anak yatim, orang lanjut usia, dan penyandang disabilitas.

Besaran dan target penerima BLT anak yatim piatu, BLT orang lanjut usia (lansia), dan BLT penyandang disabilitas yang cair pada Desember 2022 adalah sebagai berikut.

  1. BLT Anak Yatim 

Kemensos telah mengantongi database 900.000 anak yatim penerima BLT. Besaran yang akan diberikan pada penerima BLT anak yatim adalah Rp200.000 per orang. Sementara itu, target pemerintah untuk penerima BLT anak yatim adalah sebanyak 946.863 anak.

Baca Juga: Resmi Kemenpan RB! Passing Grade atau Nilai Ambang Batas PPPK 2022, Simak Berikut Ini

  1. BLT Orang Lanjut Usia atau Lansia

BLT Lansia diberikan kepada masyarakat yang berusia di atas 80 tahun dan tidak ada yang merawat. Target pemerintah untuk penerima BLT orang lanjut usia adalah 334.011 orang di atas 80 tahun yang hidup sendiri atau yang disebut juga dengan lansia tunggal.

Halaman:

Editor: Dian R.T.L. Syam

Sumber: ANTARA Indonesia Baik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x