Bank Dunia Memprediksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia akan Merosot, CSIS Langsung Usulkan Reformasi Ekonomi

- 21 Februari 2023, 08:57 WIB
Ilustrasi. Bank Dunia sebut pertumbuhan ekonomi Indonesia akan menurun. CSIS usulkan reformasi ekonomi
Ilustrasi. Bank Dunia sebut pertumbuhan ekonomi Indonesia akan menurun. CSIS usulkan reformasi ekonomi /Foto: Pixabay/Buffik/

BERITASOLORAYA.com – Haryo Aswicahyono, selaku peneliti senior dari Centre of Strategic and International Studies (CSIS) menyebutkan perlunya reformasi ekonomi guna menggenjot pertumbuhan ekonomi Indonesia di atas 5 persen.

Kendati pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2022 lalu cukup kuat, lanjutnya, Bank Dunia memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun-tahun berikutnya sedikit mengalami penurunan di bawah angka 5 persen.

“(Melihat) tren pertumbuhan ekonomi dari 2011 sampai 2022, ada kecenderungan tren yang menurun,” ucap Haryo dikutip BeritaSoloRaya.com dari Antara pada Senin, 20 Februari 2023.

Lebih lanjut, dikatakan bahwasanya terdapat pelemahan terhadap sedikitnya tiga sumber pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2022, yaitu investasi, konsumsi rumah tangga, dan ekspor.

Baca Juga: Stunting Jadi Fokus Pemerintah 2023, Bumil Wajib Tahu Faktor Penyebabnya!

Berdasarkan data yang diperoleh, Haryo melanjutkan, tren konsumsi rumah tangga menurun dari yang sebelumnya 5,49 persen pada tahun 2012, menjadi 5,04 persen pada tahun 2019 atau tepatnya sebelum pandemi COVID-19, dan tren penurunan kembali terjadi sebesar 4,93 persen pada tahun 2022.

“Kita masih recovery, belum mencapai puncaknya, karena misalnya di agrikultur masih banyak pengangguran,” terang Haryo Aswicahyono.

Penurunan yang cukup signifikan juga terjadi di sektor investasi, dari yang sebelumnya 9 persen pada tahun 2012, berubah menjadi 4,45 persen pada 2019 atau sebelum pandemi, hingga terjadi penurunan kembali menjadi 4,39 persen pada tahun 2022.

Baca Juga: 1.041 Tenaga Honorer ini Berkesempatan Perpanjang Kontrak dengan Syarat Berikut, Daerahmu Termasuk?

Halaman:

Editor: Syifa Alfi Wahyudi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x