Ingin Memulai Investasi Saham di Pasar Modal dan Menjadi Investor, Begini Caranya

- 9 Maret 2023, 08:22 WIB
Ilustrasi inveatasi saham di pasar modal
Ilustrasi inveatasi saham di pasar modal /Pixabay/Pexels

BERITASOLORAYA.com – Banyak masyarakat awam yang penasaran bagaimana cara kerja saham dan pasar modal. Pertanyaan yang sering mereka ajukan adalah bagaimana memulai masuk ke pasar modal dan membeli saham.

Saham yang kita kenal hari ini diperdagangkan dalam sebuah forum yang disebut sebagai pasar modal atau pasar saham. Pasar saham ini memberikan fasilitas untuk transaksi jual beli.

Saham yang diperdagangkan oleh para investor ini adalah saham yang diterbitkan oleh perusahaan dan ditawarkan kepada masyarakat melalui sebuah acara yang disebut dengan IPO atau Initial Public Offering.

Baca Juga: Walau Dikecam, Bruno Fernandes Tetap Kapten Manchester United, Dibela Ten Hag hingga Rashford

IPO dimaknai sebagai penawaran umum perdana saat sebuah perusahaan membuka diri dan menawarkan saham perusahaannya untuk pertama kali.

Dilansir BeritaSoloRaya.com dari laman resmi investor.gov, ada dua jenis forum atau pasar saham di dalam pasar modal, yaitu pasar primer dan pasar sekunder.

Pasar primer adalah tempat terjadi jual beli saham yang dilakukan antara perusahaan dengan investor, sedangkan pada pasar sekunder, perdagangan saham terjadi antar sesama investor. Forum pasar sekunder itulah yang oleh banyak orang disebut sebagai pasar saham.

Baca Juga: Viral, Aktor Park Seo Joon Goda Jennie Blackpink Sampai Dibuat Salting, Jatuh Cinta ?

Halaman:

Editor: Dian R.T.L. Syam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x