Mau Investasi Emas, Simak Dulu yang Berikut Ini

- 10 Maret 2023, 20:51 WIB
Emas bisa jadi salah satu pilihan investasi
Emas bisa jadi salah satu pilihan investasi /Pixabay/PublicDomainPicture

BERITASOLORAYA.com - Emas telah lama dikenal sebagai aset yang aman dan stabil untuk diinvestasikan dengan sejarahnya sebagai salah satu bentuk mata uang dan kegunaannya dalam industri dan perhiasan.

Meskipun emas sering dipandang sebagai investasi yang relatif stabil dan aman, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk berinvestasi dengan emas.

Penting untuk diketahui bahwa nilai emas dapat bervariasi dengan cepat dan drastis dalam jangka pendek. Pada akhir 2011 misalnya, harga emas mencapai rekor tertinggi di atas $1.900 per ons, tetapi pada awal 2016 harga emas turun menjadi di bawah $1.100 per ons. 

Baca Juga: Al-Nassr Kalah, Detik-Detik Ronaldo Tendang Botol Air Mineral Jadi Viral

Namun jika melihat grafik nilai emas dalam jangka panjang, maka emas cenderung bertahan relatif stabil dan bahkan cenderung meningkat nilainya seiring dengan waktu.

Nilai emas dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi dan politik global yang dapat sulit diprediksi. Saat terjadi ketidakpastian dan gejolak di pasar saham dan mata uang sebagian investor, sering kali investor beralih ke emas sebagai bentuk perlindungan nilai. 

Para investor melakukan hal tersebut karena emas cenderung memiliki kestabilan nilai yang lebih baik jika dibandingkan aset lainnya pada saat terjadi ketidakstabilan pasar.

Baca Juga: Guru Kategori Ini Diminta Kemdikbud Siapkan Berkas, Mulai Tanggal 11 Maret 2023

Sebelum Anda memulai untuk berinvestasi dalam emas, Anda perlu juga mempertimbangkan tujuan investasi, profil risiko, dan strategi investasi yang akan digunakan. 

Halaman:

Editor: Dian R.T.L. Syam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x