Keuntungan Membeli Aset Surat Utang, Investasi Obligasi di Pasar Modal

- 13 Maret 2023, 10:33 WIB
Ilustrasi. Berikut ini keuntungan investasi di instrumen obligasi atau surat utang
Ilustrasi. Berikut ini keuntungan investasi di instrumen obligasi atau surat utang /Pixabay/stevepb/

 

BERITASOLORAYA.com – Setelah sebelumnya dijelaskan mengenai definisi dan jenis-jenis obligasi, pada tulisan ini kita akan membahas tentang keuntungan berinvestasi pada aset surat utang di pasar modal.

Memiliki surat utang sebagai aset merupakan investasi yang menguntungkan. Sebagaimana investasi pada umumnya, return keuntungan yang dicari oleh investor.

Surat utang atau obligasi merupakan salah satu aset dengan tingkat keamanan yang tinggi, meski demikian potensi keuntungan yang ditawarkan tidaklah besar.

Dikutip BeritaSoloRaya.com dari investor.gov, investasi pada obligasi atau surat utang memiliki sifat yang keamanan yang tinggi dan risiko yang kecil, namun sebagai gantinya imbal hasil return yang diperoleh tidaklah sebesar aset berisiko lainnya.

Baca Juga: Link Daftar Nama Peserta, Jadwal, dan Lokasi Seleksi Kompetensi PPPK Teknis PANRB 2022

Salah satu keuntungan yang banyak dicari para investor ketika memilih surat utang sebagai instrumen investasi adalah keamanannya. Adapun keuntungan membeli aset efek berupa surat utang adalah sebagai berikut:

1. Sebagai investor, Anda akan memperoleh kupon periodik dari surat utang yang dibeli. Kupon merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut imbal hasil yang diperoleh investor dari investasi surat berharga.

Halaman:

Editor: Syifa Alfi Wahyudi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x