Perhatikan 3 Hal Ini saat Berinvestasi pada Aset Surat Utang Obligasi di Pasar Modal

- 13 Maret 2023, 13:28 WIB
Ilustrasi obligasi surat utang
Ilustrasi obligasi surat utang /Pixabay/Steve Buissinne

 

BERITASOLORAYA.com – Obligasi disebut juga sebagai surat utang atau bond. Obligasi merupakan instrumen investasi resmi yang tercatat di pasar modal Indonesia.

Obligasi atau surat utang memiliki sifat seperti instrumen investasi lain, misalnya saham dan aset-aset lain di pasar modal. Karena sifatnya seperti saham, aset obligasi diperdagangkan melalui aktivitas jual beli surat utang.

Selain bunga atau yang disebut dengan kupon, investor bisa memperoleh keuntungan dari investasi obligasi di pasar modal melalui aktivitas jual beli surat utang ini.

Baca Juga: Beasiswa S2 Kominfo 2023 Dibuka bagi PNS dan Non PNS. Bisa Kuliah Gratis hingga Dapat Tunjangan Hidup

Dikutip BeritaSoloRaya.com dari investor.gov, aktivitas jual beli surat utang yang terjadi di pasar modal menyebabkan dinamika pembentukan harga yang sama seperti yang terjadi di pasar saham. Dinamika pembentukan harga ini dipengaruhi oleh hukum permintaan dan penawaran.

Selain hukum pasar permintaan dan penawaran aset obligasi, naik turunnya harga surat utang juga dipengaruhi beberapa hal. Sebagai investor, penting bagi Anda untuk memperhatikan bagaimana dinamika pasar obligasi membentuk harga aset tersebut.

Berkaitan dengan dinamika pembentukan harga surat utang, berikut 3 hal yang perlu diperhatikan investor ketika mulai masuk ke pasar obligasi.

Baca Juga: UTBK SNBT 2023 akan Segera Dibuka, Inilah Cara Daftar KIP Kuliah 2023. Simak Selengkapnya...

1. Suku bunga

Halaman:

Editor: Dian R.T.L. Syam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x