Saat Melakukan Investasi Saham, Investor Wajib Perhatikan Faktor Ini

- 16 Maret 2023, 20:54 WIB
Ilustrasi. Berikut faktor-faktor yang perlu diperhatikan saat investasi saham
Ilustrasi. Berikut faktor-faktor yang perlu diperhatikan saat investasi saham /Pexels/Tima Miroshnichenko/

BERITASOLORAYA.com – Masyarakat Indonesia pada zaman dahulu melakukan investasi dengan aset riil seperti tanah, bangunan, perhiasan, dan lain-lain. Namun, berbeda dengan zaman sekarang, maasyarakat Indonesia sudah mulai melek dengan investasi saham.

Lain dengan investasi aset riil, investasi saham merupakan jenis investasi aset finansial. Contoh lain dari investasi aset finansial adalah obligasi, deposito, warrants, options, reksadana, dan lain-lain.

Jenis investasi aset finansial yang salah satunya investasi saham merupakan investasi dengan aset berwujud surat berharga. Investasi saham terdiri atas 2 jenis saham, yaitu saham biasa (common stock) dan saham preferen (preferred stock).

Saham biasa (common stock) adalah saham yang tidak memiliki kekhasan tertentu yang mengakibatkan pemegang saham biasa mempunyai risiko besar saat likuidasi.

Baca Juga: Intip Gaji Pokok Awal PNS Lulusan SD, SMP, SMA, D3, S1, D4, S2, dan S3 Berikut Ini, Resmi!

Namun, saat melakukan investasi saham biasa (common stock), pemegang saham tetap mendapatkan dividen jika perusahaan tersebut mempunyai laba.

Sementara itu, saham preferen (preferred stock) merupakan gabungan dari saham biasa (common stock) dengan obligasi. Saat melakukan investasi saham preferen, pemegang saham bisa memperoleh pendapatan tetap dalam jangka waktu tertentu.

Halaman:

Editor: Syifa Alfi Wahyudi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x