Sempat Lesu Dua Tahun, OJK Proyeksikan Pinjaman Online akan Meningkat Jelang Puasa dan Lebaran

- 21 Maret 2023, 10:34 WIB
Ilustrasi. Pinjaman online diprediksi akan meningkat saat bulan puasa dan Lebaran
Ilustrasi. Pinjaman online diprediksi akan meningkat saat bulan puasa dan Lebaran /Pexels/RODNAE Productions/

BERITASOLORAYA.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memproyeksikan keberadaan pinjaman daring atau pinjaman online akan kembali meningkat saat bulan puasa dan menjelang Lebaran. Meskipun sebelumnya capaian pinjaman online sempat lesu selama pandemi COVID-19.

“Untuk pinjaman online kami lihat lagi mudah-mudahan tetap ter-manage dengan baik,” ujar Kepala Departemen Pengawas Lembaga Jasa Keuangan Lainnya OJK Triyono Gani di sela seminar internasional terkait penilaian kredit di Nusa Dua, Bali, Jumat 17 Maret 2023.

Meski hasil proyeksi kinerja pinjaman online bakal meningkat di tahun ini, namun Triyono Gani belum dapat memberikan persentase. Pandemi COVID-19 yang terjadi selama kurang lebih dua tahun tidak dapat menjadi tolok ukur.

“Pandemi kemarin tidak bisa menjadi tolok ukur bahwa setiap ada hari raya, itu (pinjaman online) akan meningkat. Artinya, kalau bicara kemungkinan itu (peningkatan) iya ada," ucapnya.

Baca Juga: Guru Honorer Bisa Dihapus jika Kemdikbud Tak Segera Lakukan Ini. Arahan BKN Ada Batas Waktunya...

Akan tetapi, ia melanjutkan, kesimpulan dari berhasil mengamati aktivitas di industri pegadaian memang telah menunjukkan peningkatan kinerja yang ketara.

Sementara itu, data hingga Januari 2023 menunjukkan terdapat 102 perusahaan pinjaman online. Perusahaan tersebut telah mendapatkan izin legal dari OJK.

Halaman:

Editor: Syifa Alfi Wahyudi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x