UPDATE INFO, April Nanti THR Segera Pencairan, Kemenkeu Pasang Target Alokasi Dana Besar Banget!

- 25 Maret 2023, 19:15 WIB
Ilustrasi. Update informasi THR 2023 yang dikabarkan akan cair April mendatang
Ilustrasi. Update informasi THR 2023 yang dikabarkan akan cair April mendatang /ANTARA/Reno Esnir/

BERITASOLORAYA.com — Para ASN sudah menunggu kabar pencairan THR 2023, mengingat nilai THR bagi ASN dalam jumlah yang tidak sedikit, segala hal terkait THR sedang diburu.

Tunjangan hari raya atau THR adalah tunjangan yang disalurkan Kemenkeu dari kucuran dana APBN. Saluran APBN nanti akan menjadi DAU yang mana dana dari DAU inilah yang akan dipergunakan untuk pembayaran THR para ASN.

Undang-Undang No. 28 Tahun 2022 tentang Anggaran Pendapatan Belanja Negara Tahun Anggaran 2023 mengatakan bahwa DAU yang dialokasikan rencananya mencapai Rp800 triliun, dari DAU ini lah akan disalurkan sejumlah dana untuk THR pegawai ASN.

Dalam PP No. 55 Tahun 2005 dijelaskan, bahwa formula perhitungan DAU untuk masing-masing daerah dihitung dari alokasi dasar (AD) yang didasarkan pada pada belanja pegawai PNSD dan celah fiskal. Alokasi dasar tersebut telah memperhitungkan belanja pegawai dan termasuk THR.

Baca Juga: Alur Pertikaian Selena Gomez dan Hailey Bieber, dari Saling Sindir Hingga Saling Follow Instagram

Tahun 2018 besaran gaji PNS di daerah yang diperhitungkan pada alokasi dasar dalam rancangan penyaluran DAU secara menyeluruh mencapai angka Rp195 triliun, di antaranya termasuk penggajian hingga tunjangan lainnya, tak terkecuali THR yang juga bersumber dari DAU.

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor. 75 Tahun 2022, CPNS kabarnya juga akan memperoleh THR dengan rincian, 80% gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan, tunjangan umum, dan 50% tunjangan kinerja.

Jika ASN menerima lebih dari satu THR, maka THR yang dibayarkan hanya THR yang nilainya paling besar. Pembayaran THR akan dilakukan dengan SPM yang diterbitkan oleh PPSPM ke rekening ASN.

Halaman:

Editor: Syifa Alfi Wahyudi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x