Mau Budidaya Ikan, Kenali Dulu Jenis Pakan Ikan Ini...

- 27 Maret 2023, 13:29 WIB
Kamu memilih untuk melakukan budidaya ikan? Sebelum melakukannya kenali dulu jenis-jenis pakan ikan ini.
Kamu memilih untuk melakukan budidaya ikan? Sebelum melakukannya kenali dulu jenis-jenis pakan ikan ini. /

BERITASOLORAYA.com – Selain bekerja, ada berbagai kegiatan yang dapat dijadikan sebagai sumber pendapatan. Salah satunya budidaya ikan. Nah, budidaya ikan ini termasuk pekerjaan yang gampang-gampang susah karena tidak semua orang bisa melakukannya.

Ketika melakukan budidaya ikan, maka kamu harus perhatikan pakan ikan dengan baik. Pengetahuan dan pengaturan pakan ikan yang baik akan menghasilkan ikan yang berkualitas. Ikan yang berkualitas akan dapat dijual dengan harga yang baik dan pastinya profitable buat kamu.

Sederhananya, pakan adalah asupan atau makanan yang akan diberikan untuk ternak atau peliharaan lainnya, termasuk ikan konsumsi. Pakan ikan sendiri tentunya menjadi sumber asupan dan energy bagi pertumbuhan dan kehidupan ikan konsumsi yang kamu pelihara.

Baca Juga: 5 Jenis Ikan Budidaya Air Tawar, Cocok untuk Komoditas Pangan

Jadi bagi kamu yang hendak memilih untuk budidaya ikan, sudah tahukah mengenai jenis-jenis pakan ikan? Kalau belum tenang saja, simak dan kenali jenis-jenis pakan ikan di bawah ini.

Dilansir BeritaSoloRaya.com dari buku Panduan Praktis Pakan Ikan Konsumsi karya Prasetya beserta tim penulis CMK, ada beberapa jenis pakan ikan berdasarkan pembagiannya.

Berdasarkan sumbernya, pakan ikan dibagi menjadi dua jenis. Pakan alami dan pakan buatan.

Pakan alami yakni pakan-pakan yang diperoleh dan tersedia di alam. Dengan adanya pakan alami, ikan akan memilih secara otodidak jenis pakan yang dimakannya. Oleh karena itu, pakan yang berasal dari alam tentu sesuai dengan selera ikan itu sendiri.

Halaman:

Editor: Egia Astuti Mardani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x