Cek! 3 Perbedaan Kartu Kredit dan Kartu Debit, Pengguna Harus Tahu

- 29 Maret 2023, 10:24 WIB
Ilustrasi. Berikut ini perbedaan kartu kredit dan kartu debit
Ilustrasi. Berikut ini perbedaan kartu kredit dan kartu debit /Mario/Pixabay/TheDigitalWay

BERITASOLORAYA.com – Jika mendengar kartu kredit dan kartu debit, kebanyakan orang sulit membedakannya.

Jika Anda adalah salah satu golongan yang masuk kriteria orang yang kesulitan dalam membedakan antara kartu kredit dan kartu debit, Anda berada di artikel yang tepat. Simak perbedaan kartu kredit dan kartu debit yang dijelaskan selengkapnya.

Pembayaran transaksi non tunai menggunakan kartu kredit, kartu debit, dan lainnya telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari saat ini. Keberadaan transaksi non tunai sudah sering ditemukan. Mulai dari berbelanja, menaiki transportasi, bayar uang kuliah, dan sebagainya, semua sudah berbasis non tunai untuk pembayaran.

Agar tidak bingung dan menambah wawasan mengenai perbedaannya, dilansir BeritaSoloRaya.com dari berbagai sumber, berikut tiga perbedaan kartu kredit dan kartu debit.

Baca Juga: SAH, Kementerian Keuangan Ungkap Rincian Komposisi THR Guru, Ada Tambahan Transfer!

Berbeda Sumber Pendanaan

Perbedaan kartu kredit dan kartu debit yang pertama adalah sumber pendanaan. Kartu kredit memungkinkan Anda melakukan transaksi non tunai dengan dana pinjaman yang memiliki limit tertentu. Contohnya kartu kredit dapat memiliki limit Rp3 juta, Rp10 juta, atau lebih tinggi sesuai dengan profil Anda.

Umumnya besaran limit dalam kartu kredit tidak akan melebihi gaji bulanan Anda. Artinya kartu kredit berisi saldo terutang yang harus anda bayar di kemudian hari.

Sedangkan sumber dana kartu debit diperoleh dari pengisian saldo tabungan pemilik. Dengan begitu, transaksi hanya bisa dilakukan jika saldo di dalam kartu debit mencukupi.

Halaman:

Editor: Syifa Alfi Wahyudi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x