Gaji 13 Cair Tanggal 5 Juni 2023 Alias Hari ini? Berikut Kata Pengamat Ekonomi UNS

- 5 Juni 2023, 09:42 WIB
Ilustrasi. Berikut informasi pencairan gaji-13 tahun 2023, ini penilaian dari BRM Bambang Irawan selaku Pengamat Ekonomi dari FEB UNS Surakarta .
Ilustrasi. Berikut informasi pencairan gaji-13 tahun 2023, ini penilaian dari BRM Bambang Irawan selaku Pengamat Ekonomi dari FEB UNS Surakarta . /Pexels.com/@pixabay

BERITASOLORAYA.com - Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan (Menkeu) telah menyebutkan bahwa pada bulan Juni tahun 2023 akan disalurkan gaji 13 kepada ASN Polri, PNS, TNI, PPPK dan pejabat lainnya.

Selain itu, pencairan gaji 13 tahun 2023 dimulai tanggal 5 Juni tahun 2023 dan dinilai oleh BRM Bambang Irawan selaku Pengamat Ekonomi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dapat berdampak terhadap ekonomi secara nasional dengan cukup besar.

Bambang juga menyebut jika gaji 13 tahun 2023 diberikan sebagai penghargaan terhadap kinerja serta pengabdian pegawai ASN dan pensiunan yang sudah diatur dalam peraturan perundang-undangan.

Disebutkan oleh Bambang jika gaji 13 tahun 2023 akan diberikan juga tambahan tunjangan, termasuk juga diberikan tunjangan kinerja yang jumlah besarannya mencapai hingga 50 persen.

Baca Juga: Gaji Ke-13 Akan Segera Cair, Akademisi: Akan Dongkrak Perputaran Ekonomi Nasional, Simak Selengkapnya…

Gaji 13 tahun 2023 akan diberikan kepada para ASN di Indonesia sekitar 3,3 juta orang, lalu ditambah dengan TNI, pensiunan dan Polri. Perkiraan terdapat sekitar 6 jutaan orang. Dari sejumlah pegawai tersebut, akan menciptakan pengeluaran yang sangat besar dan berdampak pada perekonomian nasional.

Bambang menyampaikan bahwa salah satu kontribusi pendapatan nasional di Indonesia didominasi oleh pengeluaran rumah tangga dengan porsinya di atas 50 persen.

Menurutnya, gaji 13 tahun 2023 lebih meneguhkan kontribusi rumah tangga dalam pembentukan Produk domestik Bruto (PDB) Indonesia. ASN yang diberikan gaji 13 tahun 2023, tentunya sudah tentu setiap rumah tangga sudah mempunyai rencana pengeluaran rumah, termasuk pengeluaran prioritas.

Halaman:

Editor: Egia Astuti Mardani

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x