Melalui Kemenkeu, Pemerintah Terus Berupaya Kendalikan Inflasi Lewat Upaya Ini

- 6 Juni 2023, 20:56 WIB
Ilustrasi. Kementerian Keuangan menyebutkan jika pemerintah terus berupaya mengendalikan inflasi dengan menjaga stabilitas.
Ilustrasi. Kementerian Keuangan menyebutkan jika pemerintah terus berupaya mengendalikan inflasi dengan menjaga stabilitas. /Pixabay/geralt/

BERITASOLORAYA.com - Kementerian keuangan (Kemenkeu) melalui Badan Kebijakan Fiskal (BKF) menyampaikan jika pemerintah sedang berupaya untuk terus konsisten mengendalikan inflasi melalui beragam upaya stabilisasi.

Disampaikan oleh Febrio Kacaribu selaku Ketua BKF, upaya yang ditempuh pemerintah yakni melakukan antisipasi gangguan cuaca ekstrim layaknya kekeringan, juga menjaga pasokan dan kelancaran distribusi.

Melalui upaya Kemenkeu tersebut, inflasi terus menunjukkan tren penurunan hingga Mei 2023. Inflasi tahunan yang tercatat pada Mei 2023 sebesar 4 persen jika dibandingkan dengan periode sama tahun 2022 (year-on-year/yoy).

Namun, Inflasi cenderung mengalami penurunan dari April 2023 yang tercatat sebesar 4,3 persen (yoy), sehingga inflasi bulan Mei 2023 menjadi angka terendah di tahun 2023.

Baca Juga: 4 Bintang Timnas Indonesia U-22 pada SEA Games 2023 Sudah Kembali Berlatih bersama Persija Jakarta…

Tren penurunan inflasi itu menurut Febrio menunjukkan buah konsistensi upaya pemerintah. Melambatnya inflasi dipengaruhi dari penurunan inflasi yang bersumber pada semua komponen penyusunnya.

"Upaya dilakukan antara lain dengan menjaga pasokan dan kelancaran distribusi, serta mengantisipasi dampak gangguan cuaca dan risiko kekeringan," kata Febrio dalam keterangan resmi yang dikutip BeritaSoloRaya.com dari Antara, Selasa, 6 Juni 2023.

Halaman:

Editor: Syifa Alfi Wahyudi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x