Minta Negara di Asean Tidak Khawatir, Xi Jinping Sebut China Tidak Ingin Mendominasi.

- 23 November 2021, 14:26 WIB
Pertemuan KTT China-ASEAN akhirnya dilaksanakan tanpa adanya perwakilan Myanmar usai blok regional menolak memasukkan Min Aung Hlaing.
Pertemuan KTT China-ASEAN akhirnya dilaksanakan tanpa adanya perwakilan Myanmar usai blok regional menolak memasukkan Min Aung Hlaing. /ANTARA
 
BERITASOLORAYA.com - China disebut tidak ingin mendominasi Asia Tenggara atau menggertak negara-negara 'kecil' yang menjadi tetangganya.
 
Hal ini langsung diungkapkan oleh Xi Jinping, yang merupakan Presiden China ketika menghadiri konferensi virtual antar negara ASEAN.

“China dengan tegas menentang hegemonisme dan politik kekuasaan, ingin menjaga hubungan persahabatan dengan tetangganya dan bersama-sama memelihara perdamaian abadi di kawasan itu dan sama sekali tidak akan mencari hegemoni atau bahkan kurang, menggertak (negara) yang kecil," kata Xi Jinping.
 
Baca Juga: Sering Merasa Kecewa? Begini Cara Mengatasinya Menurut Gus Baha: Teladani Kisah Abu Bakar

Diansir dari Pikiran Rakyat, Seperti yang sudah banyak diketahui, saat ini China sedang berkonflik dengan beberapa negara di Asia Tenggara.
 
Hal ini karena batas wilayah Laut China Selatan yang kini menjadi sengketa. Selama beberapa tahun ini, China dan negara-negara ASEAN telah merundingkan kode etik mengenai konflik di Laut China Selatan.

Sering kali, kapal penjaga pantai milik China sempat memblokir dan menyemprotkan air berkekuatan tinggi ke arah kapal nelayan Filipina.
 
 
Insiden tersebut menyebabkan sejumlah negara ASEAN menjadi khawatir dengan dominasi China di kawasannya.
 
Belum lagi klaim China akan Laut China Selatan, dimana bertentangan dengan klaim negara Malaysia, Vietnam, Brunei dan juga FIlipina.

Selain itu, asumsi terkait dominasi China juga turut didasarkan atas peran negeri tirai bambu itu terhadap negara-negara ASEAN.
 
 
Persaingan dengan Amerika, tentunya membuat keduanya sedang berperang meraih dominasi terhadap negara-negara di kawasan ASEAN.
 
China saat ini memegang peranan penting sebagai pasar dan sumber investasi bagi beberapa negara ASEAN.***

Editor: Novrisia Yulisdasari

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah