BRICS dan SCO Perluas Keanggotaan, Rusia: Indonesia Punya Peran Penting

- 14 Maret 2023, 11:35 WIB
ndonesia turut terlibat untuk menjadi bagian dari BRICS dan SCO.
ndonesia turut terlibat untuk menjadi bagian dari BRICS dan SCO. /TV BRICS/

 

BERITASOLORAYA.com – Konflik yang melibatkan dua negara bertetangga Rusia dan Ukraina berbuntut perang dagang dunia.

Sejumlah negara dunia kini dilaporkan tengah berniat untuk menjadi mitra perdagangan Rusia dalam BRICS dan Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO).

Rusia dijatuhi sanksi ekonomi oleh Barat dan sekutunya akibat perang di Ukraina. Ternyata, dari sejumlah negara tersebut Indonesia turut terlibat untuk menjadi bagian dari BRICS dan SCO.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia, Sergey Lavrov mengungkapkan bahwa negara-negara yang berminat menjadi bagian dari BRICS dan SCO mempunyai peran penting di wilayah mereka.

Baca Juga: Seleksi Kompetensi PPPK 2022 Kemenag: Jadwal, Tata Tertib, Lokasi,Sanksi. Bisa Gagal Jadi ASN Jika Lakukan Ini

Negara-negara yang dimaksud antara lain, Turki, Meksiko, Indonesia, Argentina, Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), Mesir, serta sejumlah negara Afrika lainnya.

“Jumlah negara yang ingin bergabung dengan BRICS dan SCO dalam beberapa tahun terakhir meningkat pesat, sudah ada sekitar dua lusin negara,” ungkap Lavrov dalam keterangannya, dikutip BeritaSoloRaya.com dari BRICS TV pada Selasa 14 Maret 2023.

Halaman:

Editor: Syifa Alfi Wahyudi


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x