3 Cara Khatam Al-Qur’an pada Bulan Ramadhan dari Kemenag, Harus Tadarus Segini per Hari

- 27 Maret 2023, 07:15 WIB
Ilustrasi. Berikut cara tadarus Al-Qur'an biar khatam di bulan Ramadhan
Ilustrasi. Berikut cara tadarus Al-Qur'an biar khatam di bulan Ramadhan /Pexels/Alena Darmel/

BERITASOLORAYA.com – Umat Islam sedang melangsungkan bulan Ramadhan sesuai dengan sidang isbat oleh Kemenag. Bulan Ramadhan bisa diisi dengan banyak ibadah selain puasa, contohnya tadarus Al-Qur’an.

Melakukan tadarus Al-Qur’an terlebih saat bulan Ramadhan dapat menjadi ladang kebaikan seperti yang dikatakan Kemenag. Banyak umat Islam yang berusaha untuk bisa khatam tadarus Al-Qur’an pada bulan Ramadhan.

Kemenag mengungkapkan salah satu hadits yang menyebut keutamaan dari tadarus Al-Qur’an adalah HR. Tirmidzi pada kitab Shahih Al Jami’, sehingga banyak umat Islam berusaha untuk khatam Al-Qur’an pada bulan Ramadhan.

Dalam laman resminya, Kemenag menyebutkan HR. Tirmidzi pada kitab Shahih Al Jami’ bahwa tadarus satu huruf Al-Qur’an bisa mendapatkan satu kebaikan. Namun, untuk khatam Al – Qur’an pada bulan Ramadhan terdapat durasi waktunya.

Baca Juga: Bikin Seller Dapat Omzet Terbesar dan Keuntungan Terbanyak, Simak Marketplace Pilihan pada Ramadan 2023

Rasulullah SAW menyeru umat Islam agar tidak khatam tadarus Al-Qur’an dengan durasi waktu yang sangat cepat pada bulan Ramadhan. Alasan larangan tersebut disebutkan oleh Kemenag karena khawatir umat Islam tidak mengerti kandungan Al-Qur’an.

Alasan larangan khatam tadarus Al-Qur’an pada bulan Ramadhan dengan durasi yang cepat tercantum dalam HR. Bukhari seperti yang disebutkan oleh Kemenag.

Dikutip oleh BeritaSoloRaya.com dari laman resmi Kemenag, pada HR. Bukhari tersebut dinyatakan oleh Rasulullah SAW terkait durasi waktu khatam tadarus Al-Qur’an pada bulan Ramadhan.

Halaman:

Editor: Syifa Alfi Wahyudi


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x