Seberapa Penting Pemerataan Layanan Internet di Indonesia? Simak Penjelasan APJII Terkait Hal Ini

- 25 September 2023, 13:28 WIB
Seberapa penting pemerataan layanan internet di Indonesia? SImak penjelasan terkait dari APJII
Seberapa penting pemerataan layanan internet di Indonesia? SImak penjelasan terkait dari APJII /freepik.com/@creativeart/

BERITASOLORAYA.com – Berikut terdapat artikel tentang seberapa penting pemerataan layanan internet di Indonesia. Simak penjelasan APJII terkait hal ini mulai dari strategi bisnis internet hingga program yang dilakukan untuk pemerataan akses internet.

Di era modern dan serba internet ini tentu semua masyarakat Indonesia diseluruh pelosok negeri berhak menikmati layanan akses internet yang lancar, bebas hambatan, dan cepat. Hal ini tentu akan berdampak pada kemajuan suatu daerah jika akses internet di suatu wilayah berjalan lancar.

Selama ini yang terjadi, layanan akses internet belum sepenuhnya merata. Sebagian besar masyarakat yang bisa menikmati akses internet adalah masyarakat yang berada di pulau tertentu seperti pulau Jawa, Bali dan sekitarnya atau yang berada di kota-kota besar.

Beberapa pulau terluar dan tertinggal di Idnoensia bahkan masih kesulitan untuk mengakses layanan internet. Hal ini yang menjadi tantangan bagi Asosiasi Penyelenggara Jasa Layanan Internet (APJII) untuk melakukan pemerataan layanan internet di Indonesia.

Baca Juga: 294 Titik Lokasi Tersedia untuk Tes CPNS dan PPPK 2023, Begini Kata MenPAN RB

Pemerataan layanan internet tentu tidak bisa dilakukan sendiri, dibutuhkan kerjasama berbagai pihak mulai dari kalangan stakeholder, pemerintah, organisasi hingga pebisnis yang bisa membuat internet dengan mudah dinikmati diseluruh Indonesia.

Hal ini senada dengan yang disampaikan Ketuam Umum APJII, Muhammad Arif Angga yang menyampaikan tentang kondisi perkembangan layanan akses internet di Indonesia saat ini. Menurut survei tahunan yang diadakan APJII berdasarkan data per bulan Juni 2023, saat ini ada 78 persen total pengguna internet di Indonesia dari total jumlah penduduk Indonesia yaitu 275 juta jiwa penduduk.

“Pengguna internet di Indonesia setiap tahun terus tumbuh dan mengalami peningkatan ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi kita. Tantangan untuk APJII sendiri bagaimana target konkrit pengguna internet di Indonesia nanti bisa mencapai jumlah 90 persen,” ungkap Angga kepada tim BeritaSoloRaya.com, Minggu 24 September 2023.

Angga menambahkan, untuk mencapai target tersebut tentu harus ada pemerataan akses layanan internet sampai ke pelosok-pelosok Indonesia agar internet bisa digunakan secara lebih merata.

Halaman:

Editor: Windy Anggraina


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah