Berapa Jumlah Sebaran SPKLU di Jawa, Bali, dan Sumatra hingga PLN Ajak Pengusaha Kerjasama?

- 10 Mei 2023, 15:12 WIB
Ilustrasi Lokasi SPKLU di Rest Area Trans Jawa./freepik.com.
Ilustrasi Lokasi SPKLU di Rest Area Trans Jawa./freepik.com. /

BERITASOLORAYA.com - PT PLN (Persero) melalui Direktur Niaga dan Retail PLN Edi Srimulyanti sebut PLN miliki 616 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Ajak pengusaha bekerjasama menambah jumlah SPKLU di seluruh Indonesia. keberadaan SPKLU yang dapat beroperasi saat ini memang belum merata, namun penyebarannya sedang berfokus pada jalur Trans Jawa hingga Bali kemudian Trans Sumatera.

SPKLU telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat pengguna kendaraan listrik pada musim libur dalam rangka Lebaran, pada arus mudik maupun arus balik tahun ini.

Namun hingga saat ini, PLN belum mendapatkan informasi keluhan pengguna mengenai kendala dari stasiun pengisian baterai yang ada.

Baca Juga: KABAR GEMBIRA, Gubernur Jatim Usulkan 6.141 Guru Honorer Diangkat Jadi PPPK 2023, Ternyata dari Golongan Ini

PLN sendiri telah menyediakan stasiun pengisian untuk kendaraan roda empat pada SPKLU kedalam tiga jenis daya yang dikeluarkan.

Di antaranya yaitu ultra fast charging (pengisian daya sangat cepat), fast charging (pengisian daya cepat), dan slow charging (pengisian daya lambat).

"Kami sudah memasang SPKLU di seluruh Indonesia totalnya ada 616 buah dan ada di 300 lokasi," kata Edi Srimulyanti selaku Direktur Niaga dan Retail PLN pada konferensi pers Periklindo Electric Vehicle Show 2023 di Jakarta, Jumat 5 Mei 2023 lalu.

Sedangkan, PLN telah menyiapkan untuk kendaraan roda dua yaitu Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU). Penanganan SPBKLU direncanakan dapat bekerja sama dengan pihak swasta serta pengadaan Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM).

Halaman:

Editor: Anbari Ghaliya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah