Tenaga Honorer Ini Tidak Ikut Tes dan Langsung Penempatan pada Seleksi CASN PPPK Tahun 2023

- 18 Maret 2023, 14:17 WIB
Ilustrasi tenaga honorer yang tidak perlu mengikuti tes dan langsung penempatan pada seleksi CASN PPPK tahun 2023
Ilustrasi tenaga honorer yang tidak perlu mengikuti tes dan langsung penempatan pada seleksi CASN PPPK tahun 2023 /Antara Foto/Nova Wahyudi
BERITASOLORAYA.com - Terdapat ketentuan untuk tenaga honorer yang tidak mengikuti tes dan akan langsung mendapat penempatan pada seleksi PPPK guru tahun 2023. Lantas, apa kriteria tenaga honorer yang langsung mendapat penempatan dan tidak mengikuti tes pada seleksi PPPK guru tahun 2023?

Dilansir BeritaSoloRaya.com dari laman resmi gurudikdas.kemdikbud.go.id berikut ini informasi mengenai tenaga honorer PPPK guru tahun 2023 yang akan mendapatkan penempatan secara langsung tanpa mengikuti tes seleksi.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga kependidikan atau Dirjen GTK, Nunuk Suryani sebelumnya menyampaikan bahwa terdapat sekitar 250.300 lebih yang dinyatakan lulus dalam rekrutmen CASN PPPK guru tahun 2022.
 
Baca Juga: Menjelang Hari Raya, ASN Termasuk Guru akan Dapat Tunjangan Jutaan Rupiah, Cek Kriteria Penerima

Tidak hanya itu terdapat 300.000 lebih yang juga mendapatkan penempatan dan lulus seleksi di tahun sebelumnya. Jumlah keseluruhan dari tenaga honorer yang lulus seleksi PPPK guru, totalnya adalah lebih dari 550.000.

Disisi lain, ada kabar yang tidak mengenakan bagi pelamar P1 di seleksi PPPK guru tahun 2022, sebab terdapat sebanyak 3.043 P1 yang tidak mendapatkan penempatan.

Penyebab pembatalan penempatan P1 disampaikan melalui surat pengumuman Dirjen GTK, yang salah satunya karena bagian dari proses berdasarkan aturan, yakni proses sanggah.

Namun, ada kabar gembira lainnya yang disampaikan oleh Nunuk dalam siaran pers, berikut empat poin utama yang harus diketahui CPPPK guru.
 

1. Pembatalan penempatan P1 disebabkan karena proses sanggah dalam seleksi. Akan tetapi, pelamar P1 masih terdaftar kelulusannya.

2. Pembatalan penempatan, tidak mempengaruhi status pelamar sebagai peserta P1, artinya masih menjadi prioritas dalam rekrutmen PPPK guru tahun 2023 mendatang.

3. Pelamar P1 akan diikutsertakan dalam rekrutmen PPPK tahun 2023 dengan menggunakan status sebagai pelamar prioritas P1.

4. Penempatan P1 di seleksi tahun 2023 tidak akan tergeser dari sekolah induknya.


Nunuk menyampaikan bahwa 3.043 yang tidak mendapatkan penempatan, tidak perlu mengikuti tes kembali dan hanya tinggal menunggu penempatan oleh pemerintah daerah masing-masing di tahun 2023.

Sehubungan dengan itu, Dirjen GTK Kemendikbudristek mendorong kepada pemda bagi yang belum mengajukan formasi berdasarkan kebutuhan.

Kebutuhan yang diajukan oleh Pemda, tentunya menguntungkan guru supaya memperoleh penempatan formasi berdasarkan kebutuhan daerah.

Hal itu juga meningkatkan kesejahteraan guru dan menjadi jembatan guru memperoleh pendapatan yang layak.

Baca Juga: Kenapa Pertandingan Antara Barcelona vs Madrid Disebut El Clasico? Begini Sejarahnya

Informasi lengkap terkait rekrutmen PPPK tahun 2023 dapat mengunjungi laman resmi https://gtk.kemdikbud.go.id/, akun Twitter : @gtk_kemdikbud. Akun Instagram: ditjen.gtk.kemdikbud, Facebook: Ditjen GTK Kemdikbud RI dan YouTube: Ditjen GTK Kemdikbud RI.***

Editor: Anbari Ghaliya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah