Sidang Isbat Awal Syawal 1444 H Tanggal Berapa? Ini Penjelasan Kemenag

- 18 April 2023, 16:38 WIB
 Konferensi Pers Sidang Isbat Awal Ramadan 1444 H / 2023 M.
Konferensi Pers Sidang Isbat Awal Ramadan 1444 H / 2023 M. /kemenag.go.id /

BERITASOLORAYA.com - Kementerian Agama atau Kemenag akan melaksanakan sidang isbat atau sidang penetapan tanggal 1 Syawal 1444 H pada Kamis mendatang, 20 April 2023. Pelaksanaan sidang isbat akan dilangsungkan di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, Jakarta.

Kemenag akan menggelar sidang isbat secara tertutup. Selain Kemenag, sidang isbat juga akan diikuti oleh Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Duta Besar negara sahabat, perwakilan organisasi masyarakat (ormas) Islam, dan Tim Hisab Rukyat Kemenag.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag, Kamaruddin Amin menjelaskan bahwa pelaksanaan sidang isbat selalu sama di setiap tahunnya.

Baca Juga: RILIS! Guru PAI Wajib Mengetahui Kriteria Khusus Berikut Jika Mengincar Tunjangan Sertifikasi, Gaskeun

“Sebagaimana biasa, sidang isbat awal Syawal selalu dilaksanakan pada 29 Ramadan. Tahun ini, bertepatan dengan 20 April 2023,” tutur Kamaruddin Amin di Jakarta yang dikutip BeritaSoloRaya.com dari Kemenag.

Pelaksanaan sidang isbat yang sama di setiap tahun mengacu pada Kalender Hijriah yakni 29 Ramadan.

Kamaruddin menjelaskan sebelum sidang isbat dimulai, Tim Hisab Rukyat Kemenag akan menyampaikan Seminar Pemaparan Posisi Hilal.

Adapun posisi hilal pada saat matahari terbenam berdasarkan data hisab pada hari Kamis, 29 Ramadan 1444 H /20 April 2023 M, di wilayah Indonesia berada di atas ufuk dan ketinggian antara 0 derajat 45 menit sampai 2 derajat 21,6 menit, dengan sudut elongasi berada di antara 1 derajat 28,2 menit sampai 3 derajat 5,4 menit.

Halaman:

Editor: Anbari Ghaliya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah