Kencangkan Ikat Pinggang, Segini Kenaikan Harga BBM Pertamina Mulai Tanggal 1 September 2023

- 2 September 2023, 14:23 WIB
Segini kenaikan harga BBM Pertamini per 1 September 2023
Segini kenaikan harga BBM Pertamini per 1 September 2023 /Dokumen Pertamina Bali/

BERITASOLORAYA.com – Berikut artikel tentang kencangkan ikan pinggang, segini kenaikan harga BBM Pertamina mulai tanggal 1 September 2023.

Bagi Anda yang selama ini melakukan rutinitas pekerjaan menggunakan kendaraan bermotor baik itu mobil atau motor maka siap-siap untuk merogoh kocek lebih dalam lagi mulai awal bulan September ini.

Pasalnya Pertamina resmi menaikkan harga BBM non subsidi mulai tanggal 1 September 2023, tercatat ada 5 jenis BBM yang mengalami kenaikan harga, diantara 5 jenis tersebut BBM Dexlite yang lonjakan harganya cukup signifikan.

Bukan hanya Pertamina saja yang menaikkan harga BBM di awal bulan ini, SPBU swasta lain juga ikut menaikkan harga BBM diantaranya Shell dan Vivo.

Baca Juga: INFO VALID DARI DPR: RUU ASN Molor Karena Banyak Masalah, Sinyal Berlakunya PPPK Part Time Makin Terang….

5 jenis BBM yang mengalami kenaikan harga adalah Pertamax Green 95, Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamina Dex, dan Dexlite. Penyesuaian harga BBM baru ini sudah diatur dalam Keputusan Menteri ESDM Nomor 245 Tahun 2022 mengenai formula harga dasar dalam perhitungan harga jual eceran jenis bahan bakar minyak umum, jenis bensin, dan solar yang disalurkan melalui SPBU.

Perlu diketahui bukan hanya Pertamina saja yang melakukan penyesuaian harga, Vivo dan Shell juga melakukan yang sama. 2 SPBU milik swasta ini juga melakukan kenaikan harga BBM. Berikut rincian kenaikan harga yang terjadi di Pertamina, Vivo, dan Shell.

Pertamina

Jenis BBM yang mengalami kenaikan dimulai dari Pertamax yang tadinya dijual Rp12.400 per liter saat ini harganya Rp13.300 per liter mengalami kenaikan Rp900 per liter. Berikutnya ada Pertamax Green yang tadinya dijual Rp13.500 dengan angka RON 95 sekarang dijual Rp15.000.

Kenaikan harga berikutnya ada pada Pertamax Turbo sebelumnya Rp14.400 per liter saat ini menjadi Rp15.900 per liter. Pertamina Dex juga mengalami kenaikan harga dari Rp14.350 sekarnag menjadi Rp16.900 per liter.

Halaman:

Editor: Windy Anggraina


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x