Gaji UMR Bisa Buat Investasi Saham? Ternyata Bisa! Ini dia Tips yang Harus Diikuti Biar Sukses Berinvestasi

- 12 September 2023, 19:26 WIB
Ilustrasi inveatasi saham dengan gaji UMR.
Ilustrasi inveatasi saham dengan gaji UMR. /Pixabay/Pexels

BERITASOLORAYA.com – Punya gaji UMR emang bisa buat investasi saham? Jangan khawatir! Ternyata tetap bisa investasi, lho!

Simak artikel berikut dan dapatkan beberapa tips yang bisa diterapkan bagi Anda yang ingin mulai berinvestasi dengan gaji UMR.

Banyak orang beranggapan bahwa investasi adalah eksklusif untuk orang kaya, dan bahwa mereka dengan gaji minimum (UMR) tidak mungkin terlibat dalam investasi.

Namun, dalam artikel ini kita akan membongkar mitos ini dan membuktikan bahwa semua orang bisa berinvestasi, bahkan dengan modal terbatas.

Sebenarnya, karena uang yang terbatas, sebagian orang harus lebih bijak dalam mengelolanya dan membiarkan uang tersebut bekerja untuk kita melalui investasi.

Baca Juga: 25 Tahun Komitmen Bank Mandiri Menyemai Kebaikan Lewat CSR

Dalam dunia investasi, ada tiga faktor kunci yang harus dipertimbangkan, yakni modal, waktu, dan return.

Pertanyaannya adalah, di fase mana Anda saat ini? Jika Anda masih muda dan memiliki modal terbatas, Anda harus memanfaatkan waktu Anda sebaik mungkin dengan berinvestasi sejak dini.

Sebelum Anda memulai investasi, pastikan Anda memiliki keuangan yang sehat. Ini termasuk memiliki cash flow positif (pendapatan lebih besar dari pengeluaran), melunasi hutang konsumtif dengan bunga tinggi, memiliki dana darurat yang cukup, dan memiliki asuransi kesehatan.

Bahkan jika Anda memiliki gaji UMR, Anda masih bisa menyisihkan sebagian uang untuk investasi. Misalnya, mulai dengan menyisihkan minimal 10% dari pendapatan bulanan Anda.

Halaman:

Editor: Reza Fauchi Santya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah