Pelangi Tak Hanya Indah, Tetapi Juga Memiliki Kisah Mitologi yang Menarik! Penasaran Seperti Apa?

- 21 September 2023, 19:28 WIB
Pelangi Tak Hanya Indah, Tetapi Juga Memiliki Kisah Mitologi yang Menarik
Pelangi Tak Hanya Indah, Tetapi Juga Memiliki Kisah Mitologi yang Menarik /Freepik.com/

 

BERITASOLORAYA.com – Pelangi memang indah dengan berbagai macam warnanya yang melengkung antara 40-42 derajat di langit. Pelangi datang setelah hujan melanda dan matahari terik bersinar. Biasanya pelangi muncul karena ada biasan cahaya dari tetesan air hujan.

Banyak yang mengagumi pelangi karena kecantikan dan keselarasan warnanya. Namun tak banyak yang tahu jika ternyata pelangi memiliki arti dan kisah mitologi tertentu. Pelangi telah menjadi bagian favorit kisah mitologi sepanjang sejarah.

Pelangi merupakan simbol luar biasa untuk mengikuti keinginan dan tujuan hati. Selain itu, pelangi juga membawa janji bahwa masalah hari ini akan selesai pada waktunya nanti. Pelangi memiliki simbolis untuk berpegang teguh pada harapan dan keyakinan.

Baca Juga: Tidak Punya Sertifikat Pendidik, Bolehkah Mendaftar pada Seleksi PPPK Guru Tahun 2023? Ini Jawaban Kemdikbud

Seperti yang dihimpun oleh BeritaSoloRaya.com dari berbagai sumber pada 21 September 2023, pelangi memiliki kisah mitologi yang sudah menjadi budaya legendaris di masyarakat. Kisah mitologi tentang pelangi ini sama sekali tidak bertentangan dengan sains.

Dalam mitologi Yunani kuno, pelangi merupakan personifikasi dari Dewi Iris. Dewi Iris adalah utusan antara langit dan bumi, sehingga representasi dari pelangi menggantung di antara langit dan bumi.

Kehadiran Dewi Iris dipandang sebagai tanda harapan. Tentunya tanda ini disambut dengan baik oleh setiap dewa dan dewi di Yunani Kuno. Sama seperti kehadiran Dewi Iris yang membawa sukacita, maka pelangi pun tentu membawa harapan gembira.

Pelangi hadir untuk memberikan pertanda bahwa setelah hujan deras akan terbit kecerahan. Bahwa nantinya hujan akan mereda dan membawa kegembiraan. Hal ini setara dengan warna-warna pelangi yang cerah ceria.

Halaman:

Editor: Windy Anggraina


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah