Prinsip Dasar Negara Jepang tentang Budaya dan Seni, Apa Sajakah Itu?

- 6 Oktober 2023, 19:08 WIB
Prinsip Dasar Negara Jepang tentang Budaya dan Seni
Prinsip Dasar Negara Jepang tentang Budaya dan Seni /pixabay/

BERITASOLORAYA.com – Negara Jepang memang memiliki prinsip dasar tentang budaya dan seni yang menarik. Kebanyakan prinsip dasar tentang budaya dan seni ini terkait dengan nilai estetik dan keindahan.

Warga Jepang memandang keestetikan dan keindahan dari suatu budaya dan seni berdasarkan prinsip dasar ini. Adanya prinsip dasar ini membuat warga Jepang lebih menghormati dan menghargai budaya dan seni di negaranya.

Biasanya keindahan dan keestetikan dari suatu karya seni dinilai dari prinsip dasar ini. Prinsip dasar yang menjadi acuan untuk menilai karya seni dan budaya di Jepang ini berjumlah sembilan.

Baca Juga: Benarkah Ikan Gabus Baik untuk Kesehatan? Cek Dulu Kandungan Gizinya Berikut Ini

Dikutip oleh BeritaSoloRaya.com dari berbagai sumber pada 6 Oktober 2023, ternyata sembilan prinsip dasar ini menjadi acuan untuk menilai suatu seni, gaya, budaya, musik dan film. Adapun kesembilan prinsip dasar tersebut di antaranya yaitu.

1. Wabi-Sabi

Salah satu prinsip dasar yang berhubungan dengan seni dan budaya di Jepang adalah Wabi-Sabi. Prinsip Wabi-Sabi berarti ketidak sempurnaan. Negara Jepang memang menyukai sesuatu hal yang mengandung unsur ketidak sempurnaan.

Seperti halnya penciptaan tokoh dalam suatu film, negara Jepang akan menciptakan karakter yang tidak sempurna. Begitupula dengan ketertarikan akan bunga sakura yang dinilai indah karena kecantikannya tidak dapat bertahan lama.

2. Miyabi

Miyabi sering diartikan sebagai penghancur hati (heartbreaker). Padahal sebenarnya Miyabi merujuk pada makna elegan dan keanggunan. Miyabi pada umumnya mengaitkan segala hal yang berhubungan dengan sesuatu yang tidak vulgar.

Keanggunan dan sifat elegan dalam prinsip dasar Miyabi ini menjadi salah satu acuan dalam menilai suatu karya seni. Biasaya dalam karya seni dan budaya akan mengandung unsur keanggunan dan keeleganan ini.

Halaman:

Editor: Windy Anggraina


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah