Budaya Kerja di Jepang yang Bagus untuk Dicontoh, Ini Salah Satunya

- 6 Oktober 2023, 19:40 WIB
Budaya kerja di Jepang yang patut ditiru
Budaya kerja di Jepang yang patut ditiru /pixabay.com/@komarudin97-4785817/

BERITASOLORAYA.com – Jepang dikenal sebagai bangsa yang mempunyai disiplin dan tingkat produktivitas yang tinggi. Karena budaya kerjanya yang bagus membuat negara Jepang memiliki tingkat ekonomi yang sejajar dengan negara maju di benua Amerika dan Eropa.

Menurut data dari OECD yaitu sebuah organisasi untuk kerjasama ekonomi dan pembangunan menyatakan bahwa jam kerja di Jepang mulai dari tahun 2011-2014 sangat tinggi. Hal inilah yang menyebabkan budaya kerja di Jepang terbentuk dengan baik.

Jepang dikenal dengan budaya kerja yang kaku, hierarkis, dan sangat tradisional. Negara Jepang mempunyai reputasi yang cukup bagus karena budaya kerja yang cukup disiplin ini. Banyak negara di dunia yang mengadaptasi budaya kerja di Jepang.

Baca Juga: Apakah Bekerja Harus dengan Sepenuh Hati? Ini Kata Kata Reza Rahardian

Dikutip oleh BeritaSoloRaya.com dari berbagai sumber pada 6 Oktober 2023, beberapa budaya kerja Jepang ini dapat membentuk hasil kerja yang baik. Adapun sejumlah budaya kerja Jepang yang bisa dicontoh di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Prinsip Bushindo

Bushindo merupakan prinsip tentang semangat kerja keras yang sudah terwariskan dari generasi ke generasi. Semangat ini menghasilkan proses belajar bangsa Jepang yang tak kenal lelah. Prinsip Bushindo terbagi menjadi tujuh kebaikan di antaranya yaitu.

- Integritas, yang terdiri dari kejujuran dan ketulusan. Budaya kerja Jepang mengajarkan seseorang untuk berlaku jujur di hadapan semua orang. Percaya pada kebenaran diri, serta mempertimbangkan segala sesuatu sesuai dengan prinsip kejujuran.

- Keberanian, yaitu budaya kerja yang selalu memegang keberanian dalam setiap perjuangan. Setiap pekerja harus berani mengambil risiko, cerdas, dan kuat.

Halaman:

Editor: Windy Anggraina


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah