Serba-serbi Tahun Baru Imlek 2024: Tradisi Sampai Makanan

- 9 Februari 2024, 11:40 WIB
Ilustrasi tradisi dalam perayaan Tahun Baru Imlek 2024
Ilustrasi tradisi dalam perayaan Tahun Baru Imlek 2024 /Pixabay/NguyenDo

BERITASOLORAYA.com - Tahun Baru Imlek adalah waktu yang dinanti-nantikan untuk reuni keluarga, bertukar amplop merah, dan makan bersama untuk memperkuat ikatan sosial.

Pepatah Tiongkok kuno "Makanan adalah prioritas utama bagi masyarakat" (min yi shi wei tian) menjelaskan pentingnya makanan dalam budaya Tionghoa, yang mencerminkan tradisi, kepercayaan, dan adat istiadatnya yang kaya.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika makanan memiliki simbol kuat selama Tahun Baru Imlek. Makanan bisa menyampaikan makna dan tabu yang mendalam yang memperkaya bahasa dan ritual perayaan Tahun Baru Imlek 2024 ini.

Kue tart nanas yang dikenal sebagai huang li bing atau feng li su merupakan makanan favorit di kalangan warga Tionghoa Malaysia selama Tahun Baru Imlek. Menariknya, dalam dialek Hokkian, "nanas" diucapkan sebagai ong lai. Ong melambangkan kemakmuran dan lai melambangkan kedatangan.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Tempat Wisata di Magelang, Mulai dari Kuliner hingga Destinasi Alam

Makanan berupa kue-kue lezat ini memiliki makna yang penuh keberuntungan, menandakan datangnya kemakmuran. Kue ini terdiri dari kombinasi selai nanas asam manis yang dibuat dari nanas segar, dibungkus dengan kue yang gurih dan bermentega.

Perpaduan harmonis antara aroma harum dan rasa yang lezat menciptakan pengalaman kuliner yang luar biasa.

Nian gao (kue beras) yang secara tepat dinamai "kue Tahun Baru" adalah hidangan tradisional yang terbuat dari beras ketan yang lengket.

Istilah nian gao memiliki makna yang lebih dalam, melambangkan pertumbuhan dan kemajuan yang positif, yang mencerminkan aspirasi untuk meningkatkan status dan meningkatkan kesuksesan.

Halaman:

Editor: Dian R.T.L. Syam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah