Ingin Investasi Saham? Berikut Tips untuk Melakukannya dengan Benar

- 9 Maret 2022, 15:15 WIB
Ilustrasi tips melakukan investasi saham dengan benar
Ilustrasi tips melakukan investasi saham dengan benar /Antara Foto/Sigid Kurniawan/

BERITASOLORAYA.com – Membeli saham tidaklah sulit, yang menantang adalah memilih perusahaan yang bisa mengalahkan pasar saham secara konsisten. Untuk bermain investasi saham diperlukan tips untuk melakukannya dengan benar.

Tips dalam investasi saham sangat diperlukan agar dapat menciptakan strategi agar tidak merugi. Strategi yang akan diberikan berikut ini adalah berupa aturan yang bisa dicoba agar bisa melakukan investasi saham dengan benar dan tepat.

Satu tips investasi saham sebelum melakukannya adalah untuk tidak berinvestasi lebih dari 10% portofolio yang ada di saham individu. Sisanya harus dalam campuran yang diversifikasi reksa dana indeks berbiaya rendah.

Baca Juga: 20 Kendaraan Militer Rusia yang Terlihat Hancur dan Hangus di Negara Ukraina

Uang yang dibutuhkan dalam lima tahun ke depan tidak boleh diinvestasikan dalam saham sama sekali. Hal ini agar investasi saham dapat berjalan aman dan tidak memperoleh kerugian. 

Adapun tips lainnya dalam investasi saham secara benar adalah sebagai berikut.

  1.   Jangan Berlebihan

Keberhasilan dan kesuksesan dalam berinvestasi tidak berhubungan dengan IQ, yang dibutuhkan adalah temperamen untuk mengendalikan dorongan ambisi yang kuat dalam masalah investasi.

Seorang yang bijak dalam berinvestasi adalah yang tidak berlebihan.

Faktanya, aktivitas perdagangan yang berlebihan dipicu oleh emosi ingin menang banyak. Ini merupakan salah satu masalah paling umum yang dihadapi oleh investor sehingga melukai pengembalian dana portofolio yang dimiliki.

Halaman:

Editor: Dian R.T.L. Syam

Sumber: Nerd Wallet


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x