Indonesia Kerjasama Pembayaran Lintas Negara di ASEAN, dengan Singapore Selesai Tahun ini

- 10 Mei 2023, 18:09 WIB
Ilustrasi Indonesia melakukan pembayaran lintas negara di ASEAN
Ilustrasi Indonesia melakukan pembayaran lintas negara di ASEAN /rawpixel.com/Freepik

BERITASOLORAYA.com - Indonesia Rilis Kerjasama Sistem Pembayaran lintas negara dengan beberapa negara ASEAN. Kerjasama dengan Singapura direncanakan dapat selesai Trimester ketiga 2023 nanti. Disampaikan oleh Filianingsih Hendarta selaku Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Indonesia telah menjalin kerjasama dengan Thailand 2022, Malaysia baru-baru ini, dan untuk singapore akan selesai pada akhir tahun.

Selain tiga negara tersebut, inovasi kerjasama sistem pembayaran lintas negara antara Indonesia dan Filipina telah terjalin sejak 2019 lalu.

Kerjasama sistem pembayaran lintas negara Indonesia dan beberapa negara ASEAN terwujud melalui penyetaraan kode Quick Response (QR) atau yang dikenal di Indonesia sebagai Qris.

Baca Juga: Tandatangani Kontrak Kerjasama Baterai EV dengan 4 Negara ASEAN, Indonesia Diwakili ITB

Ada pula pembayaran cepat untuk ritel, lalu kesepakatan pada penggunaan uang lokal atau yang juga dikenal dengan Local Currency Settlement atau LCS.

“Indonesia telah memulai implementasi kerjasama sistem pembayaran lintas negara dengan Thailand pada 2022 dan Malaysia baru-baru ini. Sementara kerja sama dengan Singapura ditargetkan rilis pada akhir 2023,” ujar Filianingsih di Jakarta, Selasa, 9 Mei 2023.

LCS sendiri merupakan salah satu hasil kesepakatan negara ASEAN+3 dengan tujuan memperkuat kerja sama keuangan di dalam kawasan.

Fungsi lain LCS yaitu untuk mengurangi ketergantungan negara-negara tersebut dengan dolar AS sehingga dapat membantu memperkuat memperkuat nilai mata uang masing-masing.

Baca Juga: 3 HARI LAGI! Jadwal Terbaru Pengisian DRH dan Usul Penetapan NI PPPK Guru 2022 dari BKN, Jangan Kelewatan

Halaman:

Editor: Anbari Ghaliya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x