JANGAN SALAH! Asuransi Bukan Tabungan atau Investasi Jangka Panjang, Simak Perbedaanya di Sini

- 30 Juni 2023, 08:28 WIB
Jangan salah paham asuransi bukan tabungan atau investasi jangka panjang cek perbedaanya di sini
Jangan salah paham asuransi bukan tabungan atau investasi jangka panjang cek perbedaanya di sini /pixabay.com/@nattanan23-6312362/

BERITASOLORAYA.com – Berikut adalah informasi tentang jangan sampai salah, asuransi bukan tabungan atau digunakan untuk investasi jangka panjang. Simak perbedaan asuransi dan tabungan di artikel ini.

Saat ini banyak masyarakat yang mengalami penipuan terkait produk asuransi. Salah satunya karena minimnya literasi dan pengetahuan yang banyak tentang produk asuransi dan apa perbedaan produk asuransi dengan produk tabungan.

Selama ini masyarakat Indonesia menganggap bahwa produk asuransi sama dengan produk tabungan. Alih-alih ingin untung dari produk asuransi yang menawarkan proteksi dan investasi yang ada nasabah asurandi justru kerap merugi karena investasi yang diletakkan dalam produk asuransi tidak juga mendapat keuntungan.

Baca Juga: Seberapa Penting Asuransi Bagi Anda? Berikut Ini Penjelasannya

Dirangkum BeritaSoloRaya.com dari Instagram @ojkindonesia, berikut perbedaan produk asuransi dan produk tabungan.

Produk asuransi adalah sebuah produk keuangan yang menawarkan proteksi atau perlindungan kepada nasabah jika suatu saat terjadi kemalangan pada nasabah. Contoh terjadi kemalangan misalnya nasabah mengalami kecelakaan, kebakaran rumah, sakit, cacat, meninggal dunia dan kerugian lainnya.

Pada kondisi tersebut produk asuransi yang sudah dipilih akan memberikan penggantian kerugian sesuai dengan faktor-faktor yang sudah dipertimbangkan sebelumnya. Proses penggantian ganti rugi ini akan berbentuk dalam wujud finansian yang jumlahnya berbeda-beda tergantung jenis kerugian yang dialami.

Berbeda dengan produk asuransi, produk tabungan adalah produk yang didesain untuk menyiapkan dana dalam jangka panjang yang nantinya akan digunakan untuk tujuan tertentu atau memenuhi kebutuhan keuangan pada saat darurat.

Ketika nasabah menyimpan uang dalam produk tabungan maka uang yang ada dalam tabungan aka naman dan terhindar dari beberapa resiko seperti pencurian atau uang di makan rayap.

Halaman:

Editor: Windy Anggraina


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x