KABAR BAHAGIA, Akses KUR untuk Pelaku UMKM Makin Mudah, Presiden Jokowi Sampaikan Hal Ini

- 1 September 2023, 10:01 WIB
Kabar bahagia akses KUR makin mudah bagi pelaku UMKM, Presiden Jokowi sampaikan hal ini
Kabar bahagia akses KUR makin mudah bagi pelaku UMKM, Presiden Jokowi sampaikan hal ini /pixabay.com/@emaji-4642101/

BERITASOLORAYA.com – Artikel berikut akan mengulas tentas kabar bahagia akses KUR untuk pelaku usaha makin mudah. Presiden Jokowi sampaikan hal ini, simak ulasannya dalam artikel ini.

Guna meningkatkan iklim ekonomi khususnya di sekot UMKM, pemerintah melakukan berbagai cara agar UMKM Indonesia bisa berdaya saing bukan hanya di tingkat nasionall tapi juga internasional melalui eksport berbagai bahan komoditi yang bisa diterima pangsa pasar global.

Untuk itu pelaku UMKM membutuhkan akses permodalan yang mudah, cepat, dan aman salah satunya adalah layanan akses Kredit Usaha Rakyat atau KUR yang digelontorkan pemerintah tahun ini bagi pelaku UMKM.

Baca Juga: Presiden Jokowi Dorong BI dan OJK Berikan KUR Tanpa Jaminan Bagi UMKM, Minta Ganti dengan Sistem Ini

Kabar baiknya, Presiden Jokowi akan lebih memudahkan pelaku UMKM mengakses KUR tanpa agunan apapun ketika akan melakukan pinjaman di bank.

Hal ini disampaikan Presiden Jokowi dalam Pembukaan Rapat Kerja Nasional HIPMI ke XVIII di BSD Tangerang, Kamis, 31 Agustus 2023. Melihat pertumbuhan ekonomi khususnya di bidang UMKM, Jokowi Ingin BI dan OJK segera membuat kebijakan tentang penyaluran KUR pada pelaku usaha.

Selama ini sebagian pelaku usaha UMKM mengalami kendala akses permodalan pengajuan KUR karena tidak memiliki aset sebagai jaminan untuk penambahan modal. Jika jaminan ini dihapuskan akan membuat pelaku usaha UMKM lebih mudah mendapat tambahan modal.

“Harusnya kita sudah menggunakan sistem credit scoring karena sudah 145 negara menggunakan sistemm credit scoring bagi UMKM untuk akses tambahan modal usaha. BI dan OJK bisa melihat skor, karakter pelaku usaha dalam memberikan KUR,” ungkap Jokowi.

Jokowi menambahkan, kedepan pemberian KUR tidak perlu lagi mewajibkan persyaratan jaminan seperti surat berharga, sertifikat tanah, atau sertifikat kendaraan bermotor. Cukup dengan melihat credit scoring pihak bank bisa memberikan KUR pada pelaku UMKM mulai dari KUR Rp100 juta, Rp300 juta bahkan sampai Rp500 juta.

Halaman:

Editor: Windy Anggraina


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x