Selain istilah Penting dan Caranya, Ternyata Sebelum Mulai Investasi Saham Pemula Harus Tau ini! Apa itu?

- 11 September 2023, 21:19 WIB
Ilustrasi. penjelasan apa itu saham bagi pemula.
Ilustrasi. penjelasan apa itu saham bagi pemula. /Pixabay/geralt/

BERITASOLORAYA.com - Selain memahami istilah penting dan caranya, ternyata sebelum mulai investasi saham, ini dia beberapa hal yang harus diketahui pemula. Apa saja itu? Cek di sini.

Tampaknua, investasi saham merupakan istilah yang sering terdengar, namun sebenarnya sangatlah kompleks.

Meskipun ada orang yang berpikir bahwa mereka bisa "nembak" atau sekadar mengandalkan saran orang lain, risiko kehilangan uang dalam investasi saham akan lebih tinggi jika Anda tidak memiliki pemahaman dasar.

Tidak sedikit orang yang cenderung berinvestasi tanpa pemahaman yang memadai, hanya mengikuti tren, dan kadang-kadang mengandalkan saran orang lain.

Ada dua jenis investor yang biasanya membuat kesalahan besar. Pertama, mereka yang tidak belajar sama sekali sebelum berinvestasi dan hanya mengandalkan keberuntungan.

Baca Juga: Apa itu Saham dan Apa Alasan yang Bikin Saham Penting? Pemula Wajib Tahu ini! Belajar Investasi Jangka Panjang

Kedua, mereka yang mencoba "menyontek" dengan membeli saham berdasarkan rekomendasi orang lain tanpa memahami alasannya.

Jadi, apa yang harus Anda lakukan sebelum berinvestasi di saham? Langkah pertama adalah belajar. Saat Anda memulai proses pembelajaran tentang saham, kemungkinan besar Anda akan menghadapi banyak istilah dan konsep yang baru.

Ini mungkin akan membuat Anda merasa kewalahan, terutama jika Anda tidak memiliki latar belakang pendidikan di bidang ekonomi.

Namun, yang perlu diingat adalah bahwa Anda tidak perlu menjadi ahli ekonomi atau akuntan untuk berinvestasi dengan sukses di saham.

Halaman:

Editor: Reza Fauchi Santya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah