Benarkah TikTok Shop Ditutup Hari Ini 4 Oktober 2023, Bagaimana Nasib Afiliator? Simak Ulasannya Disini

- 4 Oktober 2023, 08:26 WIB
Benarkah TikTok Shop resmi ditutup hari ini Rabu 4 Oktober 2023
Benarkah TikTok Shop resmi ditutup hari ini Rabu 4 Oktober 2023 /Email TikTok Shop/

BERITASOLORAYA.com – Berikut ini artikel tentang benarkah TikTok Shop ditutup hari ini 4 Oktober 2023. Bagaimana nasib afiliator simak ulasan lengkapnya disini.

Setelah sebelumnya sempat riuh pemberitaan tentang TikTok Shop bakal ditutup oleh pemerintah karena merugikan UMKM, hari ini adalah babak baru aplikasi asal China yang banyak diminati masyarakat Indonesia.

Banyak masyarakat yang bertanya dan mencari informasi jika TikTok Shop ditutup apakah akan ada pisah aplikasi? Dilansir BeritaSoloRaya.com dari laman resmi TikTok.com terdapat informasi penting bahwa hari ini Rabu 4 Oktober 2023 TikTok Shop akan resmi menutup layanan tepat pukul 17.00 WIB.

Baca Juga: Tak Diserap Tes PPPK Guru 2023, Nanti Diseleksi Pemda Berdasarkan Profesionalisme Guru, Begini Kata Dirjen GTK

Dalam rangka menghormati aturan yang diberikan oleh pemerintah, TikTok Shop akan menghentikan layanan transaksi e-commerce TikTok Shop Indonesia. Adanya Peraturan Pemerintah Menteri Perdagangan No. 31 Tahun 2023 penyempurnaan dari Permendag 50 Tahun 2020.

Dalam regulasi tersebut disebutkan pemerintah Indonesia menetapkan dasar hukum yang solid untuk menciptakan lapangan bermain e-commerce yang adil dan setara.

Hal yang paling disorot dari Permendag ini adalah melarang integrasi antara media sosial dan platform e-commerce guna menghindari monopoli dan persaingan usaha yang tidak sehat.
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan beberapa waktu lalua menegaskan bahwa aturan ini wajib dipatuhi dan platform akan diberikan tenggat waktu satu minggu untuk melakukan adaptasi.

Bagaimana Nasib Afiliator dan UMKM Pasca Penutupan TikTok Shop

Penutupan TikTok Shop sejauh ini memang belum terlihat langsung dampakanya bagi 5 juta pelaku UMKM yang selama ini memanfaatkan fasilitas dari TikTok Shop untuk melakukan penjualan.

Selain pelaku UMKM ada juga 7 juta afiliator yang selama ini menggantungkan nasibnya dari platform e-commerce ini. Setelah TikTok Shop resmi dihentikan operasinya, para afiliator ini harus memutar otak mencari penghasilan lain untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari.

Halaman:

Editor: Windy Anggraina


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x