HORE! Anggaran KUR Tahun 2024 Diprediksi Akan Naik, Intip Bocoran Nominalnya, Pelaku UMKM Wajib Tahu

- 27 Desember 2023, 11:19 WIB
Hore anggaran KUR tahun 2024 diprediksi akan naik
Hore anggaran KUR tahun 2024 diprediksi akan naik /Unsplash.com/@mufidpwt/

BERITASOLORAYA.com – Berikut artikel tentang hore anggaran KUR tahun 2024 diprediksi bakal naik. Intip bocoran nominalnya disini, pelaku UMKM wajib tahu sebelum melakukan pengajuan KUR.

Serapan program Kredit Usaha Rakyat atau KUR yang berjalan selama hampir 1 tahun ini dinilai memiliki dampak yang cukup baik bagi pertumbuhan ekonomi terutama di sektor UMKM.

Banyak pelaku usaha UMKM terbantu dengan adanya akses tambahan modal usaha dari pemerintah yang disalurkan melalui beberapa bank seperti BRI, BNI, dan Mandiri dengan bunga bersaing dan cicilan yang terbilang ringan.

Baca Juga: Update Harga Emas Antam Hari Ini Makin Naik pada Rabu, 27 Desember 2023, Berikut Rincian Lengkapnya

Dilansir BeritaSoloRaya.com dari berbagai sumber, pemerintah akan menambah anggaran KUR di tahun 2024 mendatang. Sebelumnya, pemerintah menggelontorkan anggaran KUR tahun 2023 sebesar Rp297 triliun, prediksinya anggaran KUR tahun 2024 mencapai Rp300 triliun. Artinya akan ada kenaikan anggaran KUR sebesar Rp3 triliun.

Hal ini tentu harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh pelaku usaha terutama UMKM untuk mengakses layanan tambahan modal usaha agar usaha yang sedang dirintis bisa lebih cepat berkembang.

Realisasi penyaluran KUR tahun sampai bulan Desember 2023 senilai Rp232,16 triliun dari target awal sebesar Rp297 triliun dengan total 4,15 juta debitur. Tahun depan akan ada tambahan kuota kredit sebesar 30 persen yang bisa dimanfaatkan pelaku usaha untuk mengajukan KUR.

Salah satu bank yang konsisten menyalurkan KUR adalah BRI, produk KUR BRI pinjaman Rp100 juta jadi produk yang banyak dicari masyarakat karena bunga rendah dan cicilan yang cukup terjangkau.

KUR BRI pinjaman Rp100 juta tahun 2024 di prediksi masih akan menggunakan aturan suku bunga berjenjang. Hal ini dilakukan pemerintah untuk meningkatkan ekonomi di sektor UMKM melalui tambahan modal usaha KUR.

Kredit berjenjang adalah bagi Anda yang sudah mengajukan KUR kedua kali akan dikenakan bunga 7 persen per tahun. Mengajukan KUR ketiga dikenakan bunga 8 persen per tahun begitu seterusnya.

Halaman:

Editor: Windy Anggraina


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x