2024 Target Rekrut 1 Juta Guru PPPK Beres, Kemdikbud Ungkap Proyeksi Jumlah Kebutuhan Formasi

- 2 Januari 2024, 09:22 WIB
Pemerintah targetkan rekrutmen 1 juta guru PPPK dituntaskan tahun 2024. Kemdikbud sebut proyeksi kebutuhan formasi PPPK sebanyak ini.
Pemerintah targetkan rekrutmen 1 juta guru PPPK dituntaskan tahun 2024. Kemdikbud sebut proyeksi kebutuhan formasi PPPK sebanyak ini. /bandung.go.id



BERITASOLORAYA.com – Target rekrutmen 1 juta guru PPPK ditargetkan tuntas pada tahun 2024. Intip jumlah kebutuhan formasi PPPK tenaga guru dan tendik berdasarkan pemaparan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Rekrutmen 1 juta guru PPPK ditargetkan pemerintah rampung akhir tahun 2024. Hal ini sempat dibahas Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau Menpan RB Abdullah Azwar Anas saat bertemu dengan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau Mendikbudristek Nadiem Makarim pada November 2023.

Pada pertemuan tersebut, Menteri Anas mengatakan bahwa target rekrut 1 juta guru PPPK adalah wujud komitmen pemerintah untuk meningkatkan kualitas SDM.

“Target 1 juta guru PPPK adalah wujud komitmen pemerintah untuk meningkatkan kualitas SDM, di mana pendidikan menjadi salah satu kuncinya. Hari ini saya bertemu dengan Mas Nadiem untuk mendetilkan terkait hal tersebut. Alhamdulillah, kami optimistis tahun 2024 target 1 juta guru PPPK bisa beres karena sekarang progresnya signifikan,” kata Menteri Anas sebagaimana dikutip BeritaSoloRaya.com dari laman Menpan RB.

Lebih lanjut, Menteri Anas menambahkan bahwa rekrutmen 1 juta guru PPPK ini berasal dari tenaga honorer atau non ASN dan THK-II yang telah mengabdi selama ini.

Baca Juga: Cari Tahu Besaran Gaji PPPK, Cek Di Sini sesuai Aturan Berlaku…

Lalu, berapakah jumlah kebutuhan formasi tenaga guru dan tenaga kependidikan pada rekrutmen PPPK 2024? Berikut ini data yang dipaparkan Kemdikbud.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa dalam rekrutmen PPPK guru beberapa tahun terakhir, terdapat sekitar 544 ribu guru PPPK yang berasal dari guru honorer dan THK-II. Hingga rekrutmen PPPK guru tahun 2023, diprediksi terdapat sekitar 840 ribu guru PPPK terekrut. Untuk itu, kekurangannya akan dipenuhi 2024.

Dilansir dari materi presentasi Kemdikbud Ristek pada koordinasi rekrutmen ASN 2024, diproyeksikan penuntasan formasi PPPK guru tahun 2024 adalah sebanyak 305.115. Jumlah ini dengan asumsi formasi PPPK 2023 terpenuhi 100 persen.

“Selain itu, terdapat kebutuhan pemenuhan tendik lainnya sebanyak 82.717,” tulis Kemdikbud dalam presentasi tersebut.

Lebih lanjut, bagi guru yang telah mencapai passing grade (PG) pada seleksi tahun 2021 atau disebut P1 juga akan dituntaskan pada tahun 2024.

Terdapat sebanyak 62.527 guru P1 yang belum mendapat mendapatkan penempatan tahun 2022. Dari jumlah tersebut, 50.248 disebut akan mendapat penempatan tahun 2023. Dengan demikian, sebanyak 12.279 guru P1 berpotensi mendapatkan penempatan tahun 2024.


Selain merekrut guru P1, lulusan PPG Pra Jabatan juga menjadi sorotan Kemdikbud. Para calon guru lulusan PPG Prajabatan disebut sebagai solusi mengisi kekosongan guru ASN PPPK mengingat banyaknya guru yang pensiun.***

 

Editor: Egia Astuti Mardani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x