Viral Motor Honda Keropos, Berikut Tips Mengatasi Rangka eSAF Berkarat

- 22 Agustus 2023, 12:08 WIB
Disebut Rangka eSAF Keropos, Inilah Tanggapan Astra Honda Motor
Disebut Rangka eSAF Keropos, Inilah Tanggapan Astra Honda Motor /AHM

BERITASOLORAYA.com – Akhir-akhir ini beberapa motor matic milik Honda sedang ramai dibicarakan di media sosial. Dalam video yang beredar, motor Honda seperti Vario, Genio, Beat dan Scoopy mengalami keropos dan berkarat pada rangka. Terlebih rata-rata motor tersebut terbilang masih baru atau belum lama digunakan.

Hal ini pun membuat pengguna motor matic Honda merasa khawatir dan mempertanyakan penyebabnya. Banyak yang menyebut hal ini karena penggunaan rangka eSAF pada produk milik PT Astra Honda Motor (AHM).

Rangka motor dari beberapa produk Honda memang menggunakan enhanced Smart Architecture Frame atau eSAF. Produk Honda di tahun 2023 yang menggunakan eSAF pada tahun 2023 yaitu Genio, All New Honda Beat, Scoopy, Vario 125 dan Vario 150.

Baca Juga: PNS Part Time Semakin di Depan, Honorer Simak Penjelasannya...

Rangka eSAF sendiri pertama kali digunakan pihak Honda tahun 2019 pada motor Honda Genio. Terbuat dari pelat baja yang ditekuk lalu di press dan di las laser sehingga menghasilkan lipatan pada sisi-sisinya.

Hal ini membuat hilangnya 34 komponen pada rangka umum, sehingga bobotnya lebih ringan dan lebih simpel dari segi tampilan. Jadi rangka eSAF hanya terdiri dari underbone atau rangka utama dan subframe atau dua tulang belakang tambahan.

Hal ini lah yang membuat rangka eSAF lebih unggul karena bahan yang lebih kuat tetapi tetap ringan dengan kapasitas tangki serta bagasi yang lebih besar.

Menanggapi hal yang tengah ramai di media sosial terkait keroposnya rangka eSAF, General Manager Communication PT Astra Honda Motor (AHM), Ahmad Muhibbuddin turut buka suara.

Halaman:

Editor: Anbari Ghaliya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah