Bongkar Langsung Motor Honda Scoopy, Ternyata Hasilnya Begini. Berikut Tips Mencegah Karat pada Rangka eSAF

- 24 Agustus 2023, 15:56 WIB
Ilustrasi: Netizen ramai membicarakan frame atau rangka eSAF dari Honda yang dianggap gampang keropos.
Ilustrasi: Netizen ramai membicarakan frame atau rangka eSAF dari Honda yang dianggap gampang keropos. /TikTok/

BERITASOLORAYA.com - Ramai dibicarakan di media sosial terkait penggunaan rangka eSAF yang disebut sebagai penyebab produk motor Honda keropos hingga patah pada rangka. PT Astra Honda Motor (AHM) pun memberikan klarifikasi bahwa warna kuning pada rangka eSAF bukan karat tetapi silikat. Silikat ini berfungsi untuk melapisi hasil pengelasan agar terhindar dari oksidasi dan karat.

Karena ramainya pemberitaan motor yang masih baru tapi telah berkarat, Devianto Wahjoe, seorang mekanik yang juga penggemar sepeda motor membagikan tips untuk mencegah karatan pada motor dengan rangka eSAF.

Dikutip BeritaSoloRaya.com dari YouTube Devianto Wahjoe, Ia membongkar langsung motor Honda Scoopy yang dibeli pada tahun 2023 dengan pemakaian kurang lebih selama 5 bulan. Biasanya motor ini digunakan untuk ojek online, jadi bisa dikatakan “motor capek”.

Baca Juga: Drama Terbaru Rowoon, Destined With You: Sinopsis, Tanggal Rilis, Pemain, hingga Teasernya

Ia juga ingin membuktikan bahwa benarkah rangka motor yang baru lima bulan ini berkarat atau tidak sesuai dengan apa yang sedang ramai di media sosial.

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, telah ramai di media sosial produk dari Honda mengalami keropos hingga patah pada rangka eSAF.

Penggunaan rangka eSAF ini dinilai lebih unggul karena menggunakan bahan yang lebih kuat tapi, tetap ringan. Hal ini karena, rangka eSAF menghilangkan 34 komponen pada rangka umum, yaitu terbuat dari pelat baja yang ditekuk lalu di press dan di las laser.

Devianto Wahjoe mengungkapkan bahwa motor Scoopy yang Ia bongkar ini minim akan karat. Tetapi, perlu diwaspadai karat yang berbahaya sebenarnya terletak pada titik-titik las, karena rangka eSAF ini dibentuk dengan menyambungkan pelat-pelat.

Halaman:

Editor: Anbari Ghaliya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah