Penerbangan di Indonesia Berisiko Tinggi, Abu Vulkanik Dapat Merusak Mesin Pesawat

- 18 November 2023, 09:58 WIB
Ilustrasi mesin pesawat yang terkena abu vulkani
Ilustrasi mesin pesawat yang terkena abu vulkani /Art Tower/Pixabay

 

BERITASOLORAYA.com – Sekitar 700 gunung berapi aktif dan yang berpotensi aktif telah terdekteksi di Kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia. Hal itu perlu diwaspadai karena abu vulkanik letusan gunung berapi dapat mengganggu dunia penerbangan.

Pernyataan itu diungkapkan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG, Dwikorita Karnawati, dalam laman bmkg.go.id yang dilansir BeritaSoloRaya.com, Sabtu, 18 November 2023.

Menurut data dalam laman egsa.geo.ugm.ac.id, Indonesia memiliki 13% dari jumlah gunung api di dunia. Yaitu 129 gunung berstatus aktif serta 500 gunung tidak aktif yang. Pendataan itu dilakukan tahun 2018.

Baca Juga: Shopee 12.12 Birthday Sale Bersama JKT48, Merayakan 8 Tahun Ciptakan Dampak Positif dengan Kolaborasi

Sementara, dijelaskan dalam laman tni-au.mil.id, radar penerbangan tak mampu melacak abu vulkanik yang menjadi ancaman serius untuk penerbangan di jalur yang dilintasi pesawat.

Abu vulkanik yang bersifat kering tidak terdeteksi radar yang dirancang secara partikel basah dari awan dengan kandungan uap air.

Abu vulkanik yang masuk ke mesin pesawat dapat memicu peningkatan sistem pembakaran mesin sehingga bisa membuat mesin pesawat meledak. Hal itu bisa terjadi di semua jenis pesawat baik lama maupun baru.

Halaman:

Editor: Anbari Ghaliya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah