Panik Gagal Isi Token Listrik? Coba Tips Ini Biar Aman Bebas Rugi

- 18 Juli 2022, 18:15 WIB
Ilustrasi token listrik. Tips aman mengisi token listrik
Ilustrasi token listrik. Tips aman mengisi token listrik /ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

BERITASOLORAYA.com – Saat ini hampir semua rumah di Indonesia sudah menggunakan sistem listrik prabayar dengan token atau biasa disebut juga dengan pulsa listrik atau token listrik.

Terlepas dari banyak keuntungan dan kemudahan dengan sistem listrik prabayar ini, tidak sedikit orang merasa kebingungan jika saat gagal mengisi token listrik.

Dilansir BeritaSoloRaya.com melalui akun Instagram @plnup3sigli, ada tiga faktor pengisian token listrik gagal dan setiap faktor tersebut tentu ada solusinya.

Jika pengisian token listrik terdapat tulisan ‘used’ atau ‘terpakai’ artinya token sudah terpakai. Jika merasa token yang dimasukkan baru, cek token terakhir yang di-input di kWh meter dengan memasukkan kode sesuai merk kWh meter.

Baca Juga: Skin Minimalism Diserukan, Apa Keuntungannya Menerapkan Tren Satu Ini?

Sementara itu, ada keterangan ‘reject’ atau ‘gagal’, yang artinya pengisian gagal. 

Kalau sudah begini, masukkan kembali 20 digit kode token dengan hati-hati dan benar karena bisa jadi saat memasukkan kode terlewat satu digit atau salah memasukkan angka. 

Lalu yang terakhir ada keterangan ’over’ atau ’daya lebih’, artinya daya listrik telah melebihi kapasitas, dan hal ini yang biasanya cukup membingungkan.

Jika meteran bertuliskan ’over’, maka ada alat elektronik yang mengonsumsi watt cukup besar dan dipakai secara bersamaan dengan alat lainnya sehingga meteran listrik tidak cukup kuat dan bertuliskan ’over’.

Halaman:

Editor: Dian R.T.L. Syam

Sumber: PLN Instagram @plnup3sigli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x