10 Langkah sukses Dalam Berbisnis Mulai dari Nol bagi Pemula, Nomor 5 Sering Disepelekan

- 5 November 2022, 07:32 WIB
Ilustrasi orang yang sukses dalam berbisnis
Ilustrasi orang yang sukses dalam berbisnis /ijeab/Freepik
BERITASOLORAYA.com - Bagi yang ingin mulai berbisnis, perlunya mempersiapkan diri, baik dari ilmu maupun modal.

Apalagi, seperti yang diketahui bahwa memulai berbisnis, tidak luput pula dengan adanya berbagai rintangan, mulai dari faktor internal maupun eksternal.

Dikutip BeritaSoloRaya.com dari disdag.samarindakota.go.id, berikut langkah sukses dalam berbisnis mulai dari nol.
 

1. Fokus pada satu peluang bisnis

Pebisnis, diharapkan terlebih dahulu fokus pada satu peluang, maka dimungkinkan jika seluruh ide dan pikiran untuk mengembangkan bisnis akan lebih terarah. Hal ini akan memudahkan pebisnis pemula dalam mengeksekusi semua ide-idenya.

2. Lakukan hal yang kamu sukai

Bagi yang mulai berbisnis, mulailah dengan usaha yang kamu sukai atau berasal dari hobi. Sebab dengan begitu hobi akan terpuaskan dan mimpi membuka usaha pun tercapai.

3. Kuasai segalanya tentang bisnis kamu

Apabila memulai bisnis, umumnya menggunakan modal sendiri, jarang ada investor yang melirik.

Namun, tentunya kesempatan itu bisa datang kapanpun. Jadi, untuk pebisnis baru harus menguasai betul segalanya tentang bisnis yang digeluti dan selalu siap menjelaskan dengan sejelas-jelasnya.

Hal ini dimaksudkan agar dapat membuat yakin investor dalam menginvestasikan uangnya di tangan yang tepat.
 
Baca Juga: BKN Sampaikan Jadwal Resmi Seleksi Guru PPPK 2022, Berlangsung hingga Tahun Depan?

4. Selalu mau belajar dari orang lain

Pebisnis harus selalu mau belajar dari orang lain. Salah satunya dengan berkonsultasi seperti dengan mentor, teman, atau orang sukses lainnya.

Cara itu dapat dijadikan sebagai bahan belajar dari orang lain, berdasarkan apa yang sudah dilakukannya. Maka, pilihlah mentor, teman atau orang yang sudah sukses untuk menjadi penasehat.

5. Hiduplah dengan sederhana

Saat memulai bisnis, lupakan terlebih dahulu semua keindahan dari menjadi pengusaha. Seperti halnya mobil mewah, makan mewah, rumah besar, atau segala hal yang menunjukkan kemewahan.

Milikilah pandangan sebagai seorang pemula yang membutuhkan uang untuk sukses. Dengan begitu, akan lebih menikmati proses menuju sukses dan segala hal diimpikan kemungkinan akan datang pada saatnya nanti.
 

6. Belajar dari kegagalan

Jangan takut gagal. Belajarlah dari kegagalan. Hal itu dapat mengajarkan dan mempersiapkan untuk menjadi orang yang sukses nantinya.

Saat gagal, jangan putus asa, terus mencoba dan belajarlah dari pengalaman itu. Kegagalan merupakan guru terbaik.

7. Jadilah Pebisnis dengan konsep bisnis yang terbaik

Tunjukkan konsep bisnis yang dilakukan sangat menguntungkan bagi para investor. Jalankan konsep bisnis yang dilakukan dengan modal seadanya untuk memberi bukti nyata kepada investor.
 
Baca Juga: Tinjau Untung-Rugi Mobil Listrik, Wali Kota Solo Tolak Penggunaannya Saat ini

8. Jagalah kesehatan

Tubuh dan jiwa yang sehat, akan lebih membuat produktif. Maka, terapkan pola makan yang baik, berolahraga teratur, dan sempatkan waktu untuk beristirahat dari pekerjaan.

9. Buktikan dengan tindakan, bukan dengan kata-kata

Jadilah pebisnis dengan prinsip mengatakan hal yang mampu untuk dilakukan, jangan terlalu banyak bicara tapi tidak dapat berbuat apa-apa.

Buktikan bahwa melakukannya lakukan melalui tindakan, bukan melalui kata-kata, karena dengan bertindak, orang akan lebih dapat menilai hasil kerjamu.
 
Baca Juga: Bagi PPG Daljab 2022 Ini, Ada 12 Hal yang Perlu Diperhatikan dengan Cermat!

10. Tahu kapan harus berhenti berusaha

Berhenti untuk berusaha tidak selalu bentuk dari menyerah, terkadang ada hal-hal yang memaksa harus berhenti sejenak, jika tidak akan membuat terpuruk.

Hal itu juga berlaku untuk merintis bisnis. Terkadang, bisnis yang dimulai tidak selalu membawa kepada kesuksesan, melainkan malah membuat menjadi terpuruk.

Ketika situasi itu terjadi, maka pebisnis harus tahu kapan harus berhenti. Bersikap bijaksana dan peka mengamati keadaan akan membantu terhindar dari keterpurukan.***

Editor: Anbari Ghaliya

Sumber: disdag.samarindakota.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x