JANGAN RISAU BIAYA PENDIDIKAN, Pelajar dan Mahasiswa Indonesia Bisa Full Beasiswa dari SD Sampai S3 Tahun 2023

- 23 Februari 2023, 18:07 WIB
Ilustrasi. Berikut ini beberapa penyedia beasiswa yang bisa membantu meringankan biaya pendidikan untuk jenjang SD, SMP, SMA, S1, S2, dan S3.
Ilustrasi. Berikut ini beberapa penyedia beasiswa yang bisa membantu meringankan biaya pendidikan untuk jenjang SD, SMP, SMA, S1, S2, dan S3. /Foto: Pexels/Pixabay/

BERITASOLORAYA.com – Biaya pendidikan di Indonesia semakin tahun semakin mengalami kenaikan. Apalagi bagi mereka yang orang tuanya mengalami keterbatasan ekonomi, tentu biaya pendidikan menjadi hal yang sangat memberatkan.

Ditambah lagi, data dari BPS menginformasikan bahwa ada kenaikan setiap tahun dalam hal biaya pendidikan di Indonesia yang menyentuh angka mencapai 3,81 persen dengan kenaikan rata-rata uang pangkal pendidikan mencapai 10–15 persen per tahunnya.

Untuk membantu biaya pendidikan, banyak program beasiswa yang disediakan oleh pemerintah maupun swasta. Program beasiswa yang ditawarkan tersedia untuk semua jenjang, mulai dari Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Program Sarjana, Magister, sampai Doktoral juga ada.

Berikut nama beasiswa yang tersedia yang bisa membantu meringankan biaya pendidikan kamu di setiap jenjang pendidikan yang sedang kamu tempuh.

Baca Juga: Menpan RB Makin Tegas dengan Pejabat Fungsional, Aturan Ini Sudah Mulai Berlaku

Beasiswa Jenjang Sekolah Dasar (SD)

Untuk jenjang SD, beasiswa yang bisa dipilih ada PIP (Program Indonesia Pintar). Beasiswa ini disediakan oleh pemerintah dengan memberikan bantuan pendidikan sebesar Rp450.000,00 per tahun.

Selain PIP, ada juga Beasiswa Darwis, beasiswa yang berasal dari pihak swasta yang diperuntukkan salah satunya untuk anak SD ini sebagai bentuk pengembangan dari beasiswa Lazismu.

Beasiswa pendidikan jenjang SD juga datang dari Pandan College. Beasiswa ini diberikan oleh pengelola sekolah Jepang dengan memberikan bantuan sebesar Rp250.000,00 selama 1 tahun tanpa perlu membuat laporan penggunaan uang tersebut ke pihak Pandan College.

Baca Juga: Cek Besaran dan Jadwal Pencairan THR dan Gaji 13 untuk PNS, PPPK, TNI, Polri dan Pensiunan sesuai Aturan Ini..

Halaman:

Editor: Syifa Alfi Wahyudi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x