Penetrasi Internet Tinggi, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto: Ekonomi Digital Indonesia akan Terus Tumbuh

- 8 April 2023, 07:15 WIB
ilustasi ekonomi digital
ilustasi ekonomi digital /our-team/freepik

BERITASOLORAYA.com - Menteri Koordinator atau Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menjelaskan angka penetrasi internet Indonesia sekitar 78%. Airlangga Hartarto mengatakan angka tersebut tergolong tinggi bagi Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk penduduk terbesar keempat di dunia.

Hal tersebut dikatakan Airlangga Hartarto ketika menjadi pembicara kunci dalam peluncuran laporan East Venture Digital Competitiveness Index 2023: Keadilan Digital bagi Seluruh Rakyat Indonesia yang ia hadiri secara virtual.

Airlangga Hartarto menyampaikan pada acara yang diselenggarakan di Jakarta pada Rabu, 5 April 2023 ini bahwa Indonesia menyumbang 40 persen dari total transaksi digital pada tahun 2022.

Baca Juga: KABAR BAIK! Kemenkeu dan Kemenpan RB Sampaikan soal THR, Gaji ke 13 untuk Guru, Dosen, PNS dan Pensiunan

“Pada 2022, sebanyak 40 persen dari total transaksi digital dunia berasal dari Indonesia yaitu 77 miliar dolar AS,” kata Airlangga Hartarto menjelaskan.

Ia juga memprediksi ekonomi digital Indonesia akan terus tumbuh dengan melihat angka transaksi digital yang cukup fantastis itu.

“Dengan jumlah penduduk yang sebagian besar masuk usia produktif, maka ekonomi digital Indonesia akan terus tumbuh,” tutur Menko Perekonomian itu memprediksi.

Airlangga mengingatkan dengan penetrasi internet yang tinggi, antarpemangku kepentingan perlu memperkuat sinergi dan kolaborasi sebagai upaya meningkatkan keadilan sosial dalam dunia digital bagi masyarakat Indonesia.

Halaman:

Editor: Anbari Ghaliya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x