HATI-HATI, sebelum Ajukan Pinjaman, 5 Hal yang Harus Diperhatikan agar Tak Terjerat Hutang

- 9 Mei 2023, 07:59 WIB
Ilustrasi orang yang terjerat hutang
Ilustrasi orang yang terjerat hutang /wayhomestudio/Freepik

BERITASOLORAYA.com - Dalam kehidupan sehari-hari, banyak orang membutuhkan pinjaman untuk berbagai keperluan seperti untuk membeli rumah, mobil, pendidikan, atau bahkan untuk keperluan bisnis. Pinjaman menjadi salah satu alternatif bagi mereka yang tidak memiliki cukup uang untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Namun, sebelum mengajukan pinjaman, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak terjerat dalam masalah finansial di masa depan contohnya terjerat hutang.

Dikutip BeritaSoloRaya.com dari berbagai sumber, berikut adalah lima hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu, supaya Anda tidak terjerat hutang.

Baca Juga: PENTING, Guru Cuti Tetap Dapat TPG? Ini Isi Juknis Baru Tunjangan Sertifikasi Naungan Kemenag

Pertama, perlu dipastikan bahwa jumlah pinjaman yang diajukan sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai tergoda untuk mengajukan pinjaman yang lebih besar dari kebutuhan sebenarnya hanya karena tergiur oleh bunga yang rendah atau persyaratan yang mudah.

Selain itu, perlu juga diperhitungkan kemampuan untuk membayar cicilan pinjaman tersebut secara rutin dan tepat waktu.

Kedua, sebelum mengajukan pinjaman, perlu melakukan riset terlebih dahulu mengenai pilihan pinjaman yang tersedia.

Ada banyak jenis pinjaman yang ditawarkan oleh bank dan lembaga keuangan, seperti pinjaman dengan jaminan dan tanpa jaminan. Pilihlah jenis pinjaman yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial.

Halaman:

Editor: Anbari Ghaliya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x