WOW! Tidak Main-Main, Segini Anggaran KUR yang Digelontorkan Pemerintah Tahun 2023, Pelaku UMKM Merapat

- 1 September 2023, 10:17 WIB
Tidak main-main segini anggarann yang digelontorkan pemerintah untuk KUR tahun 2023
Tidak main-main segini anggarann yang digelontorkan pemerintah untuk KUR tahun 2023 /Dokumen BCA/

BERITASOLORAYA.com – Berikut artikel tentang wow tidak main-main segini anggaran KUR yang digelontorkan pemerintah tahun 2023 pelaku UMKM wajib merapat. Jangan sampai ketinggalan kemudahan akses tambahan modal usaha ini.

Keseriusan pemerintah untuk mengembangkan sektor UMKM Indonesia agar memiliki produk yang berkualitas dan memiliki daya saing memang bukan main-main. Ini terbukti dari jumlah anggaran untuk Kredit Usaha Rakyat atau KUR yang digelontorkan pemerintah sepanjang tahun 2023.

Bagi pelaku usaha terutama UMKM tahun 2023 ini pemerintah menggelontorkan total dana Rp460 triliun khusus untuk KUR. Dana ini harus terserap semuanya untuk KUR bagi pelaku usaha UMKM. Sehingga akses untuk mendapatkan permodalan ini harusnya bisa lebih mudah, cepat, dan aman tidak perlu lama dan ribet.

Baca Juga: Penuh Perjuangan, Ini Kisah Tirto Utomo Mendirikan Aqua Sampai Menjadi Air Minum Nomor Satu di Indonesia

Salah satu kendala yang kerap dialami pelaku UMKM untuk mengakses KUR adalah tidak adanya agunan atau jaminan yang dijadikan syarat untuk proses pengajuan KUR. Umumnya untuk jenis KUR dengan pinjaman diatas Rp100 juta wajib menyertakan jaminan atau agunan.

Jika tidak menyertakan jaminan atau agunan tidak bisa dilakukan proses pencairan KUR. Jaminan atau agunan yang disyaratkan biasanya sertifikat berharga seperti tanah, rumah atau kendaraan bermotor.

Terkait hal ini, Presiden Jokowi ingin BI dan OJK mulai mempertimbangkan agar semua jenis KUR sebaiknya tidak perlu menggunakan jaminan. Hal ini berlaku terutama bagi UMKM guna mendorong sektor bisnis UMKM lebih maju.

Ini disampaikan dalam Pembukaan Rapat Kerja Nasional HIPMI ke XVIII di BSD Tangerang, Kamis, 31 Agustus 2023. Melihat pertumbuhan ekonomi khususnya di bidang UMKM, Jokowi Ingin BI dan OJK segera membuat kebijakan tentang penyaluran KUR pada pelaku usaha.

Selama ini sebagian pelaku usaha UMKM mengalami kendala akses permodalan pengajuan KUR karena tidak memiliki aset sebagai jaminan untuk penambahan modal. Jika jaminan ini dihapuskan akan membuat pelaku usaha UMKM lebih mudah mendapat tambahan modal.

Halaman:

Editor: Windy Anggraina


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x