Sebenarnya Main Saham Halal atau Tidak? Ternyata ini Faktanya! Simak Ulasan Lengkapnya di Sini…

- 16 September 2023, 17:42 WIB
Ilustrasi. apakah saham itu halal atau tidak.
Ilustrasi. apakah saham itu halal atau tidak. /K Jusyak/

BERITASOLORAYA.com – Banyak yang bertanya, sebenarnya main saham itu halal atau tidak. Dapatkan jawabannya dalam artikel berikut.

Pertanyaan saham halal atau tidak tampaknya sering kali menghinggapi pikiran para investor muslim yang ingin mencoba peruntungan di pasar saham.

Maka, dalam artikel berikut akan ada penjelasan konsep saham yariah, apakah saham tersebut sesuai dengan prinsip-prinsip Islam, dan bagaimana cara menemukan saham-saham syariah yang sesuai dikutip BeritaSoloRaya.com dari kanal YouTube Saham dari Nol.

Menjawab pertanyaan apakah saham itu halal, kita perlu memahami apa yang dimaksud dengan saham syariah.

Singkatnya, saham syariah adalah saham dari perusahaan yang beroperasi sesuai dengan prinsip-prinsip Islam.

Baca Juga: Apa Itu Saham dan Bagaimana Bentuknya? Pahami Dulu Konsepnya Sebelum Mulai Investasi Saham yang Menguntungkan

Sudah ada fatwa dari Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) yang menyatakan bahwa saham syariah adalah halal.

Namun, masalahnya tidak semudah itu. Dalam pasar modal Indonesia, dari 774 saham yang ada, hanya 479 di antaranya yang dapat dianggap sebagai saham Syariah.

Jadi, meskipun ada yang halal, bukan berarti semuanya sesuai dengan prinsip syariah, untuk dapat dianggap sebagai saham syariah, suatu perusahaan harus memenuhi tiga kriteria utama:

1.Kegiatan dan Jenis Usaha

Halaman:

Editor: Reza Fauchi Santya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x