Dampak Penutupan TikTok Shop Hari Ini 4 Oktober 2023, Nasib Seller UMKM dan Afiliator Ada di Ujung Tanduk?

- 4 Oktober 2023, 09:06 WIB
Dampak penutupan TikTok Shop bagi seller UMKM dan afiliator
Dampak penutupan TikTok Shop bagi seller UMKM dan afiliator /Foto Ilustrasi/

BERITASOLORAYA.com – TikTok Shop resmi memberikan informasi bahwa seluruh kegiatan e-commerce akan dihentikan mulai hari ini Rabu 4 Oktober 2023. Lalu bagaimana kelanjutan nasib seller UMKM dan afiliator yang selama ini melakukan penjualan di TikTok Shop, simak ulasannya disini.

Dilansir BeritaSoloRaya.com dari laman website TikTok mengumumkan bahwa mulai hari ini Rabu 4 Oktober 2023, TikTok Shop resmi menghentikan seluruh kegiatan e-commerce di Indonesia. Setelah sebelumnya ramai pemberitaan tentang kehadiran TikTok Shop yang dianggap membuat pelaku UMKM sepi pembeli karena masyarakat beralih melakukan belanja di TikTok Shop.

Saat ini TikTok Shop mengambil langkah dengan car amenghormati regulasi yang dibuat oleh pemerintah dengan cara memisahkan platform e-commerce dan platform sosial media.
Pasca penutupan TikTok Shop mulai hari ini lalu apa dampak yang dirasakan seller UMKM TikTok Shop dan afiliator yang selama ini menggantungkan rezeki dari platform e-commerce ini.

Baca Juga: Tak Diserap Tes PPPK Guru 2023, Nanti Diseleksi Pemda Berdasarkan Profesionalisme Guru, Begini Kata Dirjen GTK

Sejauh ini belum ada dampak langsung yang dirasakan seller UMKM yang jumlah totalnya mencapai 5 juta di TikTok Shop terkait dengan penutupan TikTok Shop hari ini. Berbeda halnya dengan para filiator TikTok Shop yang jumlahnya mencapai 7 juta di TikTok Shop.

Kabar penutupan TikTok Shop membuat para afiliator yang selama ini menggantungkan rezeki dari TikTok harus berpindah profesi atau mencari profesi lain untuk tetap melanjutkan hidup dan kebutuhan finansial sejak TikTop Shop ditutup.

Meski saat ini TikTok Shop resmi ditutup namun TikTok akan tetap mengupayakan selalu berkoordinasi dengan pemerintah untuk membahas langkah kedepan yang akan diambil.

Kedepan TikTok akan tetap mendukung perkembangan dan kemajuan UMKM dengan cara menyesuaikan produk dan mencari solusi yang bisa membuat UMKM makin maju.

Sampai saat ini masyarakat masih penasaran apakah nanti TikTok Shop akan muncul dengan tampilan baru atau justru akan muncul sebagai aplikasi yang terpisah. TikTok sendiri sampai saat ini belum memberi update informasi terkait hal tersebut.

Halaman:

Editor: Windy Anggraina


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah