Biaya Pendidikan Makin Mahal? Siapkan Ini untuk Bekal Masa Depan Anak, Orang Tua Wajib Tahu

- 7 Oktober 2023, 13:45 WIB
Biaya pendidikan makin mahal, siapkan hal ini untuk bekal masa depan anak
Biaya pendidikan makin mahal, siapkan hal ini untuk bekal masa depan anak /pixabay.com/@anilsharma26-13475484//

BERITASOLORAYA.com – Artikel kali ini akan mengulas tentang biaya pendidikan anak makin mahal, siapkan hal ini agar budgeting untuk pendidikan anak aman di masa depan. Orang tua wajib tahu.

Fluktuasi mata uang yang tidak menentu dari tahun ke tahun, ditambah dengan berbagai kebutuhan pokok sandang, pangan , papan yang terus merangkak naik membuat para orang tua harus berpikir keras mengatur pola keuangan rumah tangga terutama adalah untuk biaya pendidikan anak.

Biaya pendidikan adalah adalah hal penting yang harus masuk dalam budgeting pengelolaan keuangan selain budgeting untuk kebutuhan hidup sehari-hari, menabung, investasi dan kebutuhan sehari-hari lainnya.

Baca Juga: Timnas Day! Intip Jadwal Live Timnas Indonesia Vs Brunei, Kualifikasi Piala Dunia 2026

Bedanya, pengelolaan keuangan khusus untuk biaya pendidikan anak harus dan wajib disiapkan sedini mungkin kalau bisa justru mulai disiapkan selagi anak masih balita dan belum masuk usia sekolah.

Mengingat biaya pendidikan yang setiap tahun semakin mahal, sejak dini orang tua harus menyisihkan uang untuk investasi atau membeli asuransi pendidikan untuk biaya sekolah anak yang akan berlangsung dalam jangka waktu panjang dari usia TK sampai perguruan tinggi.

Dilansir BeritaSoloRaya.com dari laman Instagram @banksyariahindonesia, berikut hal yang wajib disiapkan orang tua untuk pendidikan anak.

1. Hitung Total Biaya Pendidikan

Langkah pertama yang wajib dilakukan orang tua untuk saving biaya pendidikan anak adalah hitung total biaya pendidikan yang akan dikeluarkan.

Menghitung biaya pendidikan berarti orang tua sudah harus memiliki gambaran dimana nanti anak akan menempuh pendidikan mulai dari sekolah dasar sampai jenjang kuliah.

Halaman:

Editor: Windy Anggraina


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah