GAWAT! Hal Ini yang Akan Terjadi Jika Angsuran KUR Tidak Dibayar Tepat Waktu, Nomor 3 Paling Merugikan

- 17 November 2023, 12:14 WIB
Gawat ini yang akan terjadi jika angsurann KUR tidak dibayar tepat waktu
Gawat ini yang akan terjadi jika angsurann KUR tidak dibayar tepat waktu /Unsplash.com/@mufidpwt/

BERITASOLORAYA.com – Artikel kali ini akan mengulas tentang gawat 4 hal ini yang bakal terjadi jika Anda tidak membayar KUR tepat waktu. Nomor 3 paling merugikan pelaku usaha khususnya UMKM.

Meski menjadi produk unggulan berbagai bank BUMN salah satunya bank BRI, nyatanya Kredit Usaha Rakyat atau KUR memiliki banyak kendala dan permasalahan yang sering terjadi.

Salah satunya adalah permasalahan pelaku usaha yang tidak tepat waktu membayar angsuran KUR bahkan sampai ada yang tidak membayar KUR setelah pinjaman modal usaha itu cair dan masuk ke rekening pelaku usaha.

Baca Juga: CEK Syarat Pinjaman Online BRI Rp25 Juta, 15 Menit Cair, Bukan KUR, Pelaku Usaha Wajib Tahu

Hal ini pernah disampaikan oleh Direktur Bisnis Mikro BRI, Supari beberapa waktu lalu saat pemaparan kinerja bank BRI jelang tutup tahun 2023, Supari mengatakan bahwa KUR adalah program layanan pinjaman modal usaha bagi UMKM dan bukan dana hibah.

“KUR ini pada dasarnya adalah sebagai sarana atau akses layanan pinjaman modal pada pelaku usaha dan sesuai ketentuan, pinjaman modal ini harus kembali pada pihak bank sesuai dengan aturan yang sudah disepakati antara bank dan pelaku usaha,” papar Supari.

Kenyataan yang terjadi di lapangan adalah, banyak pelaku usaha yang mengira bahwa KUR adalah program hibah atau bantuan cuma-cuma yang diberikan pada pelaku usaha untuk mengembangkan bisnis, padahal konsep bisnisnya tidak seperti itu.

Pelaku usaha yang sudah mengajukan KUR memiliki tanggung jawab untuk membayar angsuran setiap bulan sesuai dengan jumlah plafon pinjaman dan waktu pinjaman yang ditentukan.

Jika ini tidak dilakukan ada 3 hal yang akan terjadi ketika Anda tidak membayar angsuran KUR tepat waktu atau bahkan tidak membayar angsuran KUR sama sekali.

Halaman:

Editor: Windy Anggraina


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah